Andini N
Andini N Like to write, taking beautiful pictures, traveling, eat, repeat.

12 Cara Jitu Mendapatkan Tiket Pesawat Murah


12 Cara Jitu Mendapatkan Tiket Pesawat Murah

Cara mendapatkan tiket pesawat murah?.

Harga tiket pewasat yang mahal seringkali menjadi kendala ketika hendak bepergian. Terutama untuk seorang yang mempunyai hobi traveling.

Untuk itu, selain harus menabung jauh-jauh hari, kita harus bisa mendapatkan tiket semurah mungkin, atau bahkan di bawah harga standard. Lalu bagaimana caranya?

Berikut ini adalah beberapa trik jitu untuk mendapatkan sebuah penawaran tiket pesawat yang murah, and it works!.

Table of contents

  1. Gunakan private windows firefox / incognito google chrome
  2. Gunakan situs pencarian tiket terbaik
  3. Cari tahu hari termurah untuk membeli tiket
  4. Gunakan promo kartu kredit / debit.
  5. Gunakan maskapai bertarif rendah
  6. Gunakan airline error dan sale fares
  7. One time transit
  8. Pilih lokasi terbaik untuk take-off
  9. Amati dan bandingkan
  10. Hidden city ticketing
  11. Jangan tunda untuk membeli tiket
  12. Gunakan mata uang asing untuk pembayaran

1. Gunakan private windows firefox / incognito google chrome

Cara mendapatkan tiket pesawat murah yang pertama dan paling utama adalah, gunakan private windows pada browser kita.

Jika kita amati, ketika kita melakukan pencarian tiket, baik pesawat ataupun yang lainnya, dengan tujuan yang sama secara berulang-ulang, maka justru kita akan mendapati harga tiket yang semakin mahal. And that’s a fact!.

Karena dengan tidak menggunakan mode private, harga penerbangan akan meningkat ketika rute tertentu kita cari berulang kali, karena mereka ingin menakut-nakuti kita agar sesegera mungkin memesan tiket pesawat sebelum harga tersebut naik lebih tinggi lagi. Oleh karena itu, gunakanlah mode private ketika mencari tiket pesawat. Saya sendiri sering menggunakan browser DuckDuckgo karena memang mereka tidak menyimpan data-data kita seperti yang dilakukan google.

2. Gunakan situs pencarian tiket terbaik

Cara mendapatkan tiket pesawat murah salah satunya adalah menggunakan situs yang memang sering menyediakan harga penerbangan di bawah standard seperti:

  • Skyscanner (Penerbangan Lokal dan Internasional)
  • AirFare Watchdog (Penerbangan Internasional)
  • Momondo (Penerbangan Internasional)
  • Kiwi.com (Penerbangan Internasional)
  • Skiplagged (Penerbangan Internasional)
  • JetRadar (Penerbangan Internasional)
  • GoogleFlight (Penerbangan Lokal dan Internasional)

Pada tahun 2020, maskapai dengan harga terendah lebih sering muncul di halaman pencarian, akan tetapi hal tersebut tidak berlangsung lama.

Gunakanlah situs pencarian tiket lain seperti yang telah disebutkan di atas untuk membandingkan harga yang lebih murah.

3. Cari tahu hari termurah untuk membeli tiket

Cara selanjutnya adalah, pastikan kita telah mengetahui hari apa tiket penerbangan ke tempat tersebut dijual dengan harga yang lebih murah. Lalu bagaimana caranya?

Sebagian besar orang akan merekomendasikan hari selasa ataupun ketika hari kerja. Akan tetapi, kenyataannya tiket pada hari-hari tersebut tidaklah selalu dijual lebih murah. Karena memang pada dasarnya tidak ada hari yang pasti kapan tiket tersebut akan di jual murah.

Cara berikut ini adalah cara yang paling tepat untuk melihat pada hari apakah tiket tersebut akan dijual lebih murah.Persiapkan perjalanan kita 2-3 bulan sebelumnya dan carilah harga termudah dalam 1 atau 2 bulan kedepan.

  • Step Pertama: Gunakan situs atau aplikasi Skyscanner.
  • Step Kedua: masukkan kota keberangkatan serta tujuan.
  • Step Ketiga: Pilih One-Way. (Untuk pertama kali gunakanlah One-Way / Satu kali perjalanan, walaupun perjalanan kita round-trip) pilihlah “seluruh bulan” agar menampilkan harga satu bulan penuh.
  • Step Keempat: Pada saat memilih tanggal, pilihlah seluruh bulan.

12 cara jitu mendapatkan tiket pesawat murah

12 cara jitu mendapatkan tiket pesawat murah

Hasil di atas lah yang akan kita dapatkan. Kota merah pada gambar tanggal adalah keterangan dari warna bulatan yang ada di gambar.

Biru menunjukkan harga tiket termurah dari seluruh bulan yang telah dipilih.

4. Gunakan promo kartu kredit / debit

Cara mendapatkan tiket persawat murah yang cukup jitu lainnya adalah dengan menggunakan Kartu Kredit / Debit.

Baik kartu kredit dan debit sendiri memiliki keunggulan masing, terutama untuk keperluan pembelian tiket pesawat. Karena ada banyak layanan Kartu Kredit yang berani memberikan diskon besar-besaran pembelian tiket liburan untuk para penggunanya.

Bagi pengguna Kartu Debit, kita tetap masih bisa mendapatkan penawaran khusus dari pihak Bank yang bersangkutan.

Untuk mendapatkan informasi diskon ini, rutinlah untuk mengunjungi situs layanan Bank yang kita miliki ataupun dari beberapa situs ecommerce dan penjual tiket online lokal.

cara mendapatkan tiket pesawat murah


12 cara mendapatkan tiket pesawat murah

Tentunya kita tidak ingin menghabiskan seluruh tabungan untuk budget liburan bukan? Oleh karena itu, kita bisa memanfaatkan promo-promo dari penyedia layanan kartu Bank, baik kredit maupun debit.

5. Gunakan maskapai bertarif rendah

Budget Airlines atau biasa disebut dengan Maskapai penerbangan bertarif rendah adalah cara mudah untuk mendapatkan tiket pesawat murah yang selanjutnya.

Maskapai ini tentunya sudah mematok harga yang jauh dibawah rekan-rekan penerbangan mereka. Tapi tunggu dulu, dengan harga yang sedemikian rupa, tentunya kita tidak akan mendapatkan fasilitas seperti yang didapatkan pada maskapai dengan tarif normal pada umumnya.

Maskapai ini menyediakan harga yang rendah karena mengurangi fasilitas yang diberikan kepada penumpang seperti: tempat duduk dan bagasi yang sempit, tidak mendapat makan dan cemilan gratis, dan fasilitas-fasilitas lain yang akan kita dapatkan dengan maskapai harga normal.

Maskapai budget rendah sendiri sangat cocok untuk perjalanan jarak dekat seperti Jakarta – Medan, dan sebaliknya.

Catatan tambahan: Pastikan hal-hal berikut ini telah kita ketahui, seperti:

  • Lokasi bandara (Karena beberapa maskapai ini memiliki jangkauan bandara yang cukup jauh sehingga mereka memasang tarif yang murah).
  • Pastikan harga yang tertera adalah harga total (sudah termasuk bagasi, dsb).
  • Patuhi maksimum berat barang bawaan (Sebagian maskapai akan membatalkan tiket jika kita melebihi batas maksimum yang telah ditentukan, dan inget!, bayarlah biaya bagasi sesuai dengan tarif yang telah mereka tentukan)
  • Catatan untuk jenis maskapai bertarif rendah.

6. Gunakan airline error dan sale fares

Cara ini sangatlah ampuh untuk mendapatkan tiket pesawat murah.

Ariline Error adalah sebuah kesalahan yang dilakukan oleh pihak maskapai dalam pemasangan harga. Biasanya terjadi ketika memasang sebuah tarif di situs penjualan online mereka. Hal ini tentunya menjadi kesempatan untuk mendapatkan harga tiket yang murah.

Hal ini memang biasanya terjadi karena beberapa faktor seperti: Kesalahan pegawai, masalah teknis, konversi mata uang, dsb. Akan tetapi, menemukan untuk menemukan Airline Error tentunya bukan hal yang mudah.

Salah satu situs yang bisa digunakan untuk mendapatkan Airline Error atau kesalahan tarif adalah situs tiket asal Scotland yaitu Scott’s Cheap Flights, atau Jack;s Flight Club jika kita berada di Inggris atau ingin ke sana. Kedua situs ini memiliki sebuah tim yang khusus yang menjelajahi Internet untuk mencari tahu harga tiket pesawat setiap harinya.

Cara penggunaannya pun cukup mudah, cukup melakukan pendaftaran akun secara gratis pada situs tersebut, masukan bandara asal dan tujuan, maka kita akan mendapatkan penawaran langsung ke kotak masuk email yang telah terdaftar.

Tersedia juga paket premium dengan harga $49 / tahun, dengan trial selama 14 hari. Kita dapat menjelajah lebih jauh untuk melihat perbandingan harga tiket yang ingin kita beli, tentunya dengan beragam jenis maskapai dan tempat tujuan.

Menurut beberapa sumber dari Internet, jika mendapatkan tiket dari situs ini, maka kita dapat menghemat antara 5 hingga 7 juta rupiah untuk penerbangan internasional.

Sale Fares sendiri adalah sebuah harga tiket yang dijual untuk memenuhi kursi yang kosong pada maskapai tersebut. Harganya? sudah pasti murah!. Apakah ada maskapai yang menjual tiket tersebut? Tentunya, apalagi jika perjalanan yang ditempuh berbeda benua / negara.

Hal tersebut akan terjadi jika maskapai tersebut kekurangan penumpang, sehingga mereka akan menjual kekosongan kursi yang ada dengan harga yang cukup rendah. Untuk mendapatkan tiket ini memang sangat sulit karena kita harus setiap menunggu dan extra sabar. Cocok untuk dipraktekan jika kita memiliki rencara dalam jangka beberapa bulan ke depan dengan menggunakan situs seperti AirFareWatchDog.

7. One time transit

Cara ini adalah cara yang paling sering saya gunakan untuk mendapatkan tiket pesawat murah jika hendak bepergian jauh.

Trik ini menjadikan tempat lain sebagai sarana singgah sebelum terbang ke lokasi tujuan. Harga tiket ini tentunya juga lebih murah dibandingkan menggunakan Direct Flight atau penerbangan langsung.

Jika Direct Flight Jakarta – Medan saya harus membayar sekitar Rp. 800.000 untuk sekali jalan, maka dengan sistem transit saya cukup membayar sekitar Rp. 570.000, (yang pernah saya praktekan). Cukup sakti bukan?.

Catatan tambahan: Pastikan kita telah mengetahui berapa lamakah pesawat tersebut akan transit / singgah sebelum akhirnya terbang ke tempat tujuan. Jangan sampai kita harus menunggu hingga berjam-jam di dalam pesawat maupun bandara karena justru kita akan mengeluarkan budget tambahan.

Pastikan kita telah mengetahui hal ini untuk menggunakan tiket one time transit.

8. Pilih lokasi terbaik untuk take-off

Lokasi menentukan hoki. Bergitulah kira-kira kata yang cocok untuk cara ini.

Kiwi.com adalah situs yang tepat untuk kita yang ingin berkelana tanpa adanya kendala biaya. Karena dengan situs tersebut, kita dapat mengetahui tarif dari maskapai penerbangan di bandara sekitar, dengan tujuan kemanapun. Keren bukan?

Perkiraan harga tiket dari berbagai belahan akan muncul di depan kita. Tanpa harus mengetik satu persatu tempat tujuan yang ingin kita datangi.

mendapatkan tiket pesawat murah

Jika kita melihat dengan detail pada gambar di atas, maka akan terlihat harga tiket berdasarkan lokasi. Tentunya kita dapat mengurutkan harga tiket dari yang termurah untuk mengetahui secara acak negara manakah yang memiliki harga tiket termurah yang akan menjadi tujuan kita selanjutnya.

9. Amati dan bandingkan

Ketika kiwi dapat memberikan kita perkiraan harga termurah, mari kita bandingkan dengan situs penjualan tiket pesawat terkenal lainnya seperti Traveloka.

trik jitu mendapatkan tiket pesawat murah

tips jitu mendapatkan tikekt pesawat murah

Jika kita amati kedua gambar di atas, dengan keberangkatan, tujuan dan tanggal yang sama, Kiwi dapat memberikan harga yang lebih murah meskipun hanya beberapa puluh ribu rupiah, tentunya akan berbeda jika tujuan kita eropa dan amerika, tentunya akan mendapatkan selisih harga hingga ratusan atau bahkan jutaan rupiah, lumayan bukan?.

Jika kita masih penasaran, tentunya dapat mencoba sendiri membandingkan dengan situs lain seperti booking.com, travelocity, expedia dan orbitz.

10. Hidden city ticketing

Cara mendapatkan tiket pesawat murah secara jitu lainnya ialah menggunakan teknik Hidden City Ticketing. Pernahkah teman-teman mendengar istilah Hidden City Ticketing?

Seorang Sarjana Komputer dari India dapat mewujudkan sebuah ide yang sederhana namun sangat briliant dengan membuat situs untuk mendapatkan Hidden City Ticketing dengan mudah bernama SkipLagged.

Tiket pesawat murah? Tentunya sudah banyak situs yang menawarkan layanan tersebut. Lalu apa yang spesial dan berbeda dari situs ini yang membuatnya harus menghadapi tuntutan hukum dari perusahaan bernilai 21 miliar dollar?

  • Apa itu hidden-city ticketing? Hidden-city ticketing adalah teknik dimana seseorang memesan tiket dan turun di bandara transit dan bukan di bandara tujuan yang tertera di tiket.

Idenya cukup sederhana, jika penerbangan dari Jakarta ke Surabaya berharga sekitar Rp. 1.500.000,-, namun ada penerbangan sejenis dari kota Jakarta ke DenpasarBali dengan melakukan transit di Surabaya seharga Rp. 900.000,-, maka situs tersebut akan menunjukkan kepada kita kedua alternatif tersebut jika mencari penerbangan ke kota Surabaya.

Kita hanya perlu memilih yang lebih murah dan turun di bandara transit, yaitu kota Surabaya, bukan kota tujuan seperti yang tertera di tiket, yaitu kota Denpasar. Karena memang tujuan awal kita adalah kota Surabaya.

tips mencari hidden city ticketing

Sedikit kelemahan dari strategi ini adalah, hanya dapat berjalan jika kita bepergian tanpa membawa bagasi dan hanya membeli tiket untuk satu kali perjalanan (One-Way). Situs tersebut juga memperingatkan konsumen untuk tidak menyalahgunakan teknik hidden city dengan menggunakan-nya secara berlebihan pada rute yang sama dalam jangka waktu singkat.

Diklaim juga bahwa meskipun tidak selalu menghasilkan tiket yang lebih murah, cara ini seringkali berhasil.

11. Jangan tunda untuk membeli tiket

Jangan tunda untuk membeli tiket jika kita telah mengetahui tanggal keberangkatan. Karena harga tiket akan semakin naik ketika tanggal keberangkatan sudah dekat.

Gunakan poin nomor 6 untuk mendapatkan harga tiket yang lebih murah jika telah mengetahui tanggal keberangkatan. Karena maskapai bertarif rendah memiliki kuota untuk menjual tiket yang lebih murah demi mendapatkan calon penumpang, jika kuota tersebut terjual, maka mereka akan menaikkan kembali menjadi harga standard.

12. Gunakan mata uang asing untuk pembayaran

Cara mendapatkan tiket pesawat murah – yang terakhir adalah dengan menggunakan mata uang asing.

Sebelum melakukan pembayaran, ada baiknya untuk sekedar memeriksa pembayaran menggunakan mata uang lain seperit Dolar dan Euro.

Meskipun tidak selalu berbeda, namun ini adalah cara terakhir yang patut untuk kita coba. Cara ini hanya berlaku untuk pemilik kartu kredit yang mempunyai fasilitas bebas biaya transaksi ke luar negeri / transaksi asing.

Itulah beberapa cara untuk mendapatkan tiket pesawat murah. Tentunya untuk mendapatkan harga yang murah, kita membutuhkan sebuah strategi khusus dan kesabaran.

cara mendapatkan tiket pesawat murah

comments powered by Disqus