noTnoob Team
noTnoob Team Part of noTnoob Team, we delivered the best insight and knowledge for you to read and spread.

5 Aplikasi Video Call Terbaik Terbaru 2020 untuk Meeting Online Dan Kerja Remote


5 Aplikasi Video Call Terbaik Terbaru 2020 untuk Meeting Online Dan Kerja Remote

5 Daftar aplikasi terbaik untuk melakukan meeting online dan kerja remote.

Berikut ini adalah list aplikasi yang bisa kita lakukan untuk menunjang produktivitas kerja kita.

Dengan adanya pandemic yang melanda seluruh dunia akhir-akhir ini, banyak perusahaan yang meminta para karyawannya untuk melakukan pekerjaan mereka dari rumah (#WorkFromHome).

Di dunia maya sendiri, banyak hastag di sosial media mengenai wabah Covid-19 yang sedang melanda seluruh dunia belakangan ini.

Penyebaran virus Corona atau Covid-19 yang semakin mewabah di Tanah Air mengharuskan masyarakat untuk mengurangi aktifitas di luar rumah, ditambah lagi dengan pemerintah yang memberlakukan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) demi memutus rantai penyebaran virus tersebut.

Dengan adanya hal tersebut, tentunya kita tidak ingin terganggu meskipun harus bekerja secara remote / work from home.

Oleh karena itu, berikut ini adalah alternatif yang bisa kita gunakan untuk melakukan Online Meeting untuk kelancaran proses kerja remote kita.

1. Google Hangout

aplikasi video call terbaik untuk wfh

Google menawarkan berbagai kemudahan berkomunikasi jarak jauh, mulai dari mengirim email, mengedit dokumen, hingga video call.

Untuk bertatap muka dengan client atau keluarga, kita bisa menggunakan fitur video call dari Google Hangouts tersebut, dan telah tersedia untuk banyak perangkat, Baik Web, Mobile (Android & iOS) maupun Desktop (Mac, Windows, Linux)

Kelebihan lain dari Hangout adalah screen sharing, live chatting pada saat video call, dan masih banyak lainnya.

Aplikasi buatan Google sudah otomatis terintegrasi dengan Gmail dan bisa menampung hingga 25 partisipan sekaligus dalam satu panggilan video.

2. Google Meet

Aplikasi meeting online terbaik untuk wfh

Google Meet sendiri adalah aplikasi yang mirip dengan Google Hangout, yaitu aplikasi serupa untuk melakukan meeting online.

Kelebihan dari Google Meet sendiri antara lain dapat menampilkan captions secara otomatis dengan teknologi yang disebut text-to-speech, hingga jadwal meeting yang dapat kita integrasikan dengan Google Calendar.

Sama halnya dengan Hangout, Google Meet juga dapat kita gunakan di berbagai platform, mulai dari smartphone, komputer atau laptop, hingga Chromebase untuk meeting.

Kelebihan lain dari Google Meet yaitu bisa menampung hingga 250 pengguna sekaligus dalam satu panggilan video, yang mana sangat berguna baik itu untuk sebuah group kampus, kantor, maupun rapat dengan audience kita dengan jumlah yang banyak.

3. Skype

Aplikasi video conference terbaik untuk kerja remote

Selanjutnya adalah skype.

Skype sendiri merupakan salah satu aplikasi video chatting buatan raksaksa teknologi yaitu Microsoft yang dapat kita gunakan untuk melakukan panggilan video atau video call. Aplikasi banyak digunakan oleh mereka yang bekerja remote, maupun yang terpisah jauh oleh keluarga dan kerabat.

Beberapa kelebihan dari Skype antara lain adalah kita dapat berbincang dengan 50 orang / partisipan dalam satu panggilan video. pretty cool isn’t it? Panggilan video tersebut pun bisa kita rekam, disimpan, dan ditonton ulang jika kita malas untuk mengikuti realtime meeting yang sedang berlangsung. What an Idea?.

Sama halnya dengan kedua aplikasi di atas, Skype sendiri telah mendukung banyak perangkat, mulai dari Android, iOS, Desktop, Mac, Web maupun Linux.

4. Zoom

Aplikasi alternatif zoom untuk meeting online dan kerja remote

Sama halnya dengan Skype, Zoom adalah aplikasi percakapan yang juga bisa digunakan untuk melakukan panggilan video atau video conference.

Zoom memiliki sejumlah fitur canggih untuk kemudahan video conference, seperti fitur membagi layar atau screen sharing.

Aplikasi Zoom juga memiliki kelebihan yang memungkinkan pengguna mengundang partisipan berdasarkan nomor telepon hingga e-mail dan kemudian melakukan verifikasi menggunakan password yang telah diberikan.

Selain dapat digunakan di berbagai perangkat, Zoom bahkan bisa menampung hingga 100 orang dalam satu panggilan video.

5. Teams

Aplikasi alternatif zoom untuk meeting online dan kerja remote

Teams merupakan sebuah aplikasi buatan Microsoft, yang ditujukan untuk menyaingi Slack.

Microsoft Teams dapat kita gunakan untuk berkomunikasi atau menggelar rapat secara online, hingga mengintegrasikan rapat menggunakan Microsoft Calendar dan menyimpan file ke Microsoft OneDrive, sama halnya dengan Google Meet.

Aplikasi rancangan Microsoft ini menawarkan sejumlah kelebihan yang dapat kita nikmati berdasarkan versi yang digunakan, free dan berbayar.

Fitur gratis yang ada pada Teams sudah sangat cukup untuk kita gunakan dalam menunjang pekerjaan remote. Fitur-fitur tersebut antara lain, akses panggilan hingga 300 partisipan, panggilan video tanpa batas durasi, screen sharing, hingga penyimpanan realtime pada Microsoft OneDrive.

Itulah beberapa aplikasi yang dapat kita gunakan untuk melakukan Video Conference / Online Meeting saat WFH / Remote Work.

comments powered by Disqus