Andini N
Andini N Like to write, taking beautiful pictures, traveling, eat, repeat.

7 Situs Terbaik Untuk Menambah Wawasan Berkualitas Terbaru 2020


7 Situs Terbaik Untuk Menambah Wawasan Berkualitas Terbaru 2020

Memiliki pengetahuan yang luas dan open minded merupakan kesenangan tersendiri bagi sebagian orang.

Banyak di antara mereka yang rajin membaca dan belajar mengenai sesuatu hal yang baru untuk mendapatkan pengetahuan yang lebih baik.

Akan tetapi bagi sebagian orang, hal tersebut sangatlah membosankan bukan?. Tentu saja itu semua tidak lepas dari pribadi setiap orang yang berbeda-beda.

Oleh karenanya, memiliki bahan bacaan yang berkualitas dan mendidik dapat menjadi salah tau acuan dan alternatif bagi sebagian orang agar tidak mudah bosan dalam membaca dan mempelajari hal baru.

Baik di dunia online maupun offline, sangat banyak sekali bahan bacaan yang dapat kita jadikan pembelajaran tentang pentingnya sebuah pengetahuan, terutama jika itu menyangkut sebuah paham / pemikiran.

Berikut ini adalah daftar situs yang dapat kita gunakan untuk menambah saling berbagi wawasan, ilmu, hingga segi pemikiran (mindset).

1. Quora

situs bermanfaat untuk menambah wawasan

Quara sendiri adalah sebuah situs tanya jawab yang kurang begitu popular di kalangan masyarakat luas. Karena memang pada dasarnya quora hampir mirip seperti Yahoo Answers, hanya saja para penanya dan penjawab di Quora jauh lebih berkualitas dibandingkan dengan Yahoo Answers.

Di Quora, kita akan menemukan banyak bahan bacaan berupa pertanyaan dan jawaban yang dapat membuka lebih pikiran kita. Dimulai dari pertanyaan seni, politik, pendidikan, hingga perjalanan seseorang untuk menghadapi sebuah masalah yang menimpanya.

Banyak orang berpredikat yang akan membuat mata kita semakin silau, akan tetapi tidak perlu khawatir. Karena setuap pertanyaan dan jawaban yang muncul di beranda kita akan disaring dengan ketat oleh para moderator, sehingga mengurangi indikasi saling menjatuhkan maupun saling menyebar kebencian satu dengan lainnya.

DomaiNesia

2. Glassdoor

Situs bermanfaat yang jarang orang ketahui

Glassdoor sendiri adalah sebuah situs yang menyediakan banyak informasi gaji antar perusahaan.
Didirikan oleh mantan karyawan microsoft bernama Robert Hohman, Glassdoor sukses mengembangkan bisnisnya.

Di Glassdoor, kita dapat mengetahui dengan detail gaji pada sebuah perusahaan, baik itu lokal maupun luar negeri, lengkap berisikan dengan pertanyaan saat wawancara, dan lowongan apa saja kah yang ada pada perusahaan tersebut.

Secara garis besar, Glassdoor sangat berguna jika kita ingin bekerja di sebuah perusahaan yang bonafit. Karena biasanya, para karyawan akan lebih detail ‘buka-bukaan’ tentang perusahaan mereka melalui Glassdoor dibanding situs serupa lainnya.

3. LinkedIn

Situs untuk menambah wawasan dan pengetahuan

Linkedin sendiri adalah sebuah situs untuk seorang professional, terutama dalam bidang pengembangan karir / network dalam dunia business.

Di Linkedin, kita akan banyak melihat orang dengan ‘title’ yang bermacam-macam yang memiliki jabatan pada perusahaan-perusahaan besar dunia.

LinkedIn sendiri akan memberikan nilai plus untuk peserta interview, terutama jika profile LinkedIn mereka dilengkapi oleh portfolio dan history pekerjaan mereka sebelumnya.

Meskipun fokus kepada professional, para pengguna LinkedIn tidak jarang pula membagikan sebuah tips dan trik seputar dunia kerja, bahkan membagikan sebuah template resume (curriculum vitae) premium secara cuma-cuma untuk para pengguna lain, bermanfaat sekali bukan?

Selain beberapa hal di atas, LinkedIn juga sangat berguna untuk membuka wawasan kita, terutama akan sesuatu pekerjaan yang akan kita ambil dan minati.

Ada berbagai learning / curse di LinkedIn yang bisa kita tonton baik secara free maupun berbayar yang biasanya ditayangkan melalui anak perusahaannya yaitu Lynda, akan tetapi sekarang telah berganti nama menjadi LinkedIn Learning.

4. StackOverflow & StackExchange

Situs terbaik untuk menambah wawasan

StackOverflow sendiri adalah sebuah situs tanya jawab untuk banyak pihak seperti: programmer, devloper, engineer, data science, devops hingga hacker.

StackOverflow sendiri sangatlah terkenal di dunia Teknologi.

Situs tanya jawab khusus programmer tersebut sangatlah membantu dalam penyelesaian masalah yang dihadapi oleh para programmer sehari-hari.

Oleh karena itu, StackOverflow sangatlah berguna bagi mereka yang menggeluti dunia teknologi.

Tidak hanya sampai di situ, StackOverflow mempunyai sebuah induk perusahaan bernama StackExchange, yang menyediakan sebuah banyak sub stack di dalamnya.

Kita akan menemukan berbagai macam room yang bisa kita gunakan untuk menambahkan sebuah wawasan dan ilmu baru.

Di antara sub stack yang tersedia antara lain:

  • Mathematics
  • Software Engineering
  • Electrical Engineering
  • Physics
  • Languages (semua bahasa termasuk Indonesia)
  • Cryptography
  • Chemistry
  • Anime & Manga
  • Religions (Islam, Christian, Judaism, Budha, and more)
  • Music
  • Arts & Crafts

dan masih banyak lainnya.

DomaiNesia

5. SkillShare

Situs terbaik untuk belajar hal baru dan menambah wawasan

SkillShare adalah sebuah situs khusus yang menyediakan mentor-mentor professional seperti halnya dengan LinkedIn Learning.

Tersedia masa trial selama 30 hari, kita akan mendapatkan banyak ilmu yang sebelumnya masih abu-abu atau belum terbayangkan (jika kita mempelajari hal yang masih baru), sehingga akan mempermudah kita dalam belajar dan lebih cepat menguasai karena bimbingan dari mentor-mentor handal.

SkillShare sendiri menjadi banyak rekomendasi oleh beberapa client, terutama jika kita sering bekerja dari rumah seperti pada masa Pandemi seperti sekarang ini.

Baca juga: aplikasi video call terbaik

Jika kita masih ragu untuk membayar, tentu saja kita dapat menggunakan fitur free (trial) terlebih dahulu selama satu bulan penuh, yang kemudian bisa kita upgrade ketika kita rasa perlu mendapatkan ilmu tambahan darinya.

6. TED

Ted ~ Ideas Worth Spreading.

DomaiNesia

Situs terbaik untuk membantu pengembangan diri

Ted sendiri adalah sebuah situs konferensi, tempat berbagi ide dan gagasan, baik online melalui video di akun youtube mereka, maupun offline yaitu dapat hadir secara langsung.

Ted sendiri sangat banyak mengajarkan saya hal-hal baru dimulai dari bermain dengan pelaku spam, mengatasi percaya diri yang kurang, hingga mengenal lebih dalam siapakah Linus Torvald sewaktu dia menjadi audience pada acara tersebut.

Saya sendiri lebih menyukai jika pengisi acara tersebut adalah orang yang berkaitan dengan dunia teknologi seperti Tom Preston, Linus Torvalds, Jack Dorsey dan lain sebagainya.

Gagasan dan ide-ide yang diberikan pun tidak tanggung-tanggung alias totalitas, sehingga kita akan lebih tahu tentang bagaimana mereka beripikir dan bagaimana mengambil sebuah kesempatan pada peluang yang ada.

Saya sendiri akan lebih menyarankan mengikuti videonya di akun youtube meraka, karena akan lebih mudah mendapatkan notif update dari pada harus berlangganan newsletter pada situs mereka.

7. Reddit

Situs untuk belajar hal baru

The front page of the internet.
Reddit sendiri adalah sebuah situs yang berisikan komunitas untuk saling sharing. Baik berupa foto, berita, cerita, memes, video, pertanyaan, hingga bocoran video dari film terbaru yang akan muncul.

Berdasarkan apa yang sering saya gunakan, reddit sangat berguna untuk mengetahui latest update dari apa yang kita minati.

Sebagai contoh adalah twitter, twitter memanglah selalu update akan hal-hal yang baru saja terjadi, akan tetapi, reddit memiliki kelebihan tersendiri seperti detail, jenis, kualitas, hingga sumber yang bermacam-macam sehingga kita bisa dengan bebas menentukan manakah yang menurut kita paling baik untuk dijadikan sebagai referensi.

Di Indonesia sendiri, reddit memanglah tidak sepopular situs lain seperti halnya facebook, kaskus dan quora, karena telah diblokir oleh pemerintah kita, akan tetapi kita tetap dapat membukanya dengan menggunakan VPN, baik yang gratis maupun yang berbayar melalui ekstensi peramban seperti Chrome maupun Firefox ataupun dapat mendownloadnya berupa aplikasi.

comments powered by Disqus