Alternatif Google Analytics Terbaik Untuk Blog Dan Website

Analytics adalah salah satu hal yang crusial untuk seorang pemilik blog/website. Karena tanpa adanya analytics tentunya pemilik blog/website tersebut tidak akan bisa memantau aktifitas penggunanya/pembaca blog tersebut.

Berikut ini adalah alternative yang bisa kita gunakan sebagai pengganti Google Analytics.

Matomo

Matomo Analytics – Analytics alternatif google terbaik

Matomo atau sebelumnya bernama piwik, memungkinkan kita untuk mengimpor data dari history Google Analytics, hal ini semakin memudahkan kita dalam migrasi analytics tanpa harus kehilangan data.

Matomo berfokus kepada privasi penggunanya, berbeda halnya dengan google yang menjual data mereka kepada pihak ketika untuk program iklan, matomo menghargai setiap privasi penggunanya.

Beberapa kelebihan fitur yang dimiliki matomo antara lain:

  • Heatmaps
  • A/B Testing
  • Funnel
  • Goals

dan beberapa fitur konversi lainnya untuk memudahkan kita memahami habbit dari user/pengunjung blog kita.

Mamoto mempunyai 2 program, yaitu cloud hosted yang artinya kita membayar untuk menggunakannya, juga self-hosted yang artinya gratis.

Self-Hosted mengijinkan penggunanya untuk menggunakan produk mereka secara gratis dengan catatan kita harus menginstallnya terlebih dahulu pada server/hosting kita.

Akan tetapi tenang saja, karena mereka juga menyediakan sebuah plugin bagi pengguna wordpress untuk mempermudah penggunanya melakukan setup via dashboard WordPress.

Clicky

Clicky adalah salah satu analytics gratis terbaik sebagai pengganti Google Analytics. Meskipun tampilannya terbilang sederhana, itu justru menjadi kelebihan tersendiri bagi clicky. Olah karenanya banyak dari blog-blog di luar sana yang menggunakan clicky sebagai sarana alternatif pengganti Google Analytics.

Clicky juga menyediakan versi pro (berbayar) jika fitur-fitur gratis yang mereka sediakan masih kurang untuk menunjang kinerja yang dibutuhkan.

Clicky juga akan memberitahu kepada owner website tersebut jika website yang dimilikinya sedang mengalami masalah server/down.

Jika kita adalah seorang old school, maka clicky sangatlah cocok karena kemudahan yang mereka tawarkan.

Tidak seperti Google Analytics yang menjual data kita untuk keperluan iklan, clicky sangatlah menghargai privasi penggunanya sehingga layak untuk kita jadikan pertimbangan dalam memilih analytics alternatif yang tepat untuk blog kita.

StatCounter

StatCounter dapat memberitahu kita fraud klik untuk iklan yang berbayar di blog/website kita.

Kita juga akan mendapatkan detail pengunjung yang kembali mengunjungi blog kita secara detail. Hal ini sangatlah berguna untuk strategi marketing.

Karena dengan kembalinya pengunjung tersebut, maka kita sudah selangkah lebih maju untuk memberikan sebuah produk/artikel yang disukai oleh para pengunjung.

StatCounter dapat menganalisa secara detail tentang user journey / pengalaman pengguna yang berkunjung di blog kita.

Kita dapat melihat dengan mudah apa yang dilakukan user, kemungkinan error, permasalahan pada menu navigasi dan hal lainnya yang berhubungan dengan pengalaman pengguna.

Selain fitur-fitur keren di atas, kita juga tahu interaksi yang dilakukan oleh user terhadap produk/artikel kita di blog/website kita.

StatCounter menyediakan free trial selama 30 hari. Akan tetapi dengan banyaknya fitur-fitur yang mereka berikan, hal itu cukup worth it untuk kita coba.

MixPanel

MixPanel Analytics – Google Analytics Alternatif Terbaik

MixPanel adalah analytics yang sangat cocok jika kita ingin mengetahui kebiasaan para pengunjung/pengguna situs kita secara detail.

Dengan MixPanel kita dapat melakukan hal-hal seperti:

  • Mengirimkan pesan kepada pengguna sesuai dengan trigger yang telah kita sediakan sebelumnya.
  • Mengetahui kebiasaan pengguna di blog/website kita berdasarkan minat dan ketertarikan hingga mengetahui konversi yang dilakukan user tersebut.
  • Mendapatkan informasi perubahan prilaku pengguna di blog/website kita tentang apa yang membuat user tersebut akhirnya berganti minat untuk membeli produk kita.

MixPanel sendiri tersedia versi gratis hingga berbayar dengan segudang advance analytics yang bisa kita gunakan untuk mengetahui secara detail apa yang user/pengguna lakukan pada webite/blog kita.

Gauges

Gauges adalah salah satu web analytics real-time yang dapat memberitahu kita perihal jumlah user, unique visitor, lokasi geografi pengguna, page view, top content, dan masih banyak lainnya.

Gauges sangatlah simple untuk digunakan. Sehingga dapat kita jadikan sebagai acuan alterntif pengganti google analytics.

Gauges juga mempunyai versi gratis dan berbayar.

Tidak seperti google analytics, gauges analytics tidak menyimpan data pengguna untuk kemudian mereka jual ke pihak ketiga. Karena mereka lebih mengedepankan privasi dibandingkan profit.

Leave a Comment