Andini N
Andini N Like to write, taking beautiful pictures, traveling, eat, repeat.

Pekerjaan Freelance Terbaik Hasil Maksimal


Pekerjaan Freelance Terbaik Hasil Maksimal

Bekerja merupakan suatu hal wajib kita lakukan untuk mencari nafkah.
Dan ada banyak tipe pekerjaan yang dapat kita lakukan untuk mendapatkan penghasilan.

Dari sekian banyaknya pekerjaan, baik lowongan pekerjaan maupun mendirikan usaha, seringkali kita merasa bingung dalam menentukan pilihan.

Nah, maka dari itu kali ini kita akan coba mengerucutkannya dari berbagai bidang sehingga mempermudah kita dalam menentukan pilihan nantinya.

Beberapa pekerjaan yang akan kita bahas adalah Freelance atau bisa disebut Remote.

Mungkin sebagian dari kita akan merasa bosan jika setiap hari harus pulang-pergi dari rumah ke kantor.

Dan,… Tentunya pernah terfikirkan oleh kita tentang bekerja secara mandiri atau freelance atau remote.

Berikut ini beberapa clue yang bisa kita jadikan pertimbangan dalam memilih pekerjaan yang bisa kita lakukan tanpa harus pergi ke kantor.

1. Web Developer / Programmer.

Ada banyak lowongan untuk type pekerjaan yang satu ini. Dan memang telah terbukti bahwa rata-rata situs penyedia lowongan kerja khusus freelance sangat digemari oleh sebagian orang tanpa harus terikat oleh kantor dan peraturan-peraturan lainnya yang sangat annoying. Jika kita mempunyai skill untuk mendevelop sebuah Web App maupun Web Base, maka tidaklah sulit untuk mencari pekerjaan jenis ini dengan fee yang cukup besar.

Rata-rata tipe pekerjaan yang di posting baik di beberapa situs Freelancer maupun portal Job freelance lainnya mendapatkan fee dimulai dari 1 juta untuk sekali project, baik melakukan maintenance maupun membangunnya dari awal.

2.UI / UX Developer

Berbeda dengan Web Developer, UI / UX adalah type pekerjaan yang terbilang cukup baru di Indonesia sendiri.

Dengan banyaknya permintaan para client untuk mempercantik tampilan Web mereka (Online Shop, Company Profile, CRM, dsb) tipe pekerjaan ini sekarang banyak di cari oleh perusahaan. Baik itu sebagai Freelancer / Remote maupun fulltime employee.

Untuk kisaran fee yang di dapat dari seorang UI / UX developer bergantung dengan project yang dikerjakannya.

3. Mobile Developer (iOS)

Mobile Developer adalah piliha selanjutnya untuk kita yang mempunyai skill di dunia programming.

Ada banyak perusahaan yang tidak memiliki Mobile Developer dalam team developer mereka sehingga mengharuskannya untuk mencari Mobile Developer lain. Baik itu Remote maupun Fulltime.

Mobile Developer sendiri terbagi menjadi dua yang paling popular, yaitu Android Developer dan Swift Developer (iOS).

Rata-rata fee yang bisa didapat untuk tipe pekerjaan ini berkisar antara 3-5 juta.

4. Content Creator

Content Creator adalah pencipta sebuah content. Seperti namanya, mereka adalah orang yang membuat berbagai content untuk client mereka.

Berdasarkan pengalaman dari penulis memesan sebuah iklan video dengan durasi 2-3 menit, penulis harus membayar sekitar 4 juta rupiah untuk sekali jadi kepada seorang content creator. Sangat menggiurkan bukan?

5. Designer / Drafter

Designer sendiri terbilang masih banyak diminati oleh beberapa vendor.

Terutama mereka yang memiliki caffe yang ingin mereka decor ulang. Dan untuk menarik minat pengunjung, kadang mereka terpaksa harus mendecor ulang baik itu design dan beberapa tambahan lainnya.

Dan disitulah Designer maupun Drafter dibutuhkan.

Mereka harus membuat sebuah design yang digemari oleh banyak orang dan menarik minat orang yang melihatnya untuk datang ke tempat tersebut, bukanlah pekerjaan yang remeh.

Akan tetapi hasilnya pun sebanding dengan apa yang harus dikerjakan.

Berdasarkan pengalaman penulis yang mempunyai teman seorang designer. Rata-rata sekali terima pesanan dia dapat menghasilkan hingga 5-7 juta dalam sekali project. WOW, WTF?!!!.

6. Content Writer

Penulis sendiri bukan seorang Content Writer. Hanya iseng sembari mengisi waktu luang di antara kuliah dan pekerjaan.

Memang sudah bukan rahasia jika Content Writer terbukti dapat menghasilkan sejak lama.

Dengan hasil karya yang kadang mereka publish pada blog masing-masing maupun forum-forum lokal dan luar negeri seperti Medium, detik, WordPress, dsb. Beberapa dari mereka akan mendapatkan royalti / reward dari perusahaan tersebut dengan penghasilan yang bervariasi.

Conclusion:

Baik pekerjaan apapun itu jika kita tekuni pasti akan menghasilkan?. That’s right dude!. Oleh karenanya fokuslah pada satu bidang dan tekunilah.

Akan lebih baik jika kita menguasai satu bidang hingga benar-benar mahir dari pada harus menguasai banyak hal tanpa mengerti alur sama sekali.

Cheers mate!, you’re legend!.

comments powered by Disqus