noTnoob Team
noTnoob Team Part of noTnoob Team, we delivered the best insight and knowledge for you to read and spread.

Email Alternatif Terbaik Selain Gmail, Yahoo dan Outlook Terbaru 2020


Email Alternatif Terbaik Selain Gmail, Yahoo dan Outlook Terbaru 2020

Email Alternative GMAIL Terbaik | Tips dan Trik Email.
Berkirim email merupakan sesuatu yang tidak bisa dihindari ketika kita telah bekerja.

Bahkan mungkin bagi sebagian orang yang belum bekerja pun email sangatlah penting.

Salah satunya bagi mahasiswa dan beberapa siswa dengan tujuan untuk berkirim tugas maupun hal lainnya baik dengan dosen, guru, maupun teman sekelas dan beberapa orang yang memang harus berkomunikasi via email.

Belakangan ini, beredar berita jika Google telah melacak penggunanya melalui mode Incognito Google Chrome. Bagi sebagian orang yang bergelut di dunia teknologi, tentunya sudah tidak asing lagi jika selama ini Google mengetahui semua isi data kita yang tersimpan dalam akun Google tersebut. Termasuk Gmail, Google Drive, Google Photos, Google Docs, dan akun produk-produk Google lainnya.

Can’t believe it, right? oke lanjut, beberapa hari yang lalu kami tidak sengaja menemukan sebuah tweet dari DuckDuckGo melalui akun twitter resmi mereka, yaitu tentang penyalahgunaan yang dilakukan Google Chrome pada mode Incognito.

alasan kenapa kita harus beralih dari google

Tweet tersebut berisi sebuah artikel singkat dari CNET yang berisikan informasi bahwa Google dituntut senilai $ 5 billion atau setara 70 triliun (kurs saat artikel ini ditulis Rp. 14,011.80) karena telah melacak jutaan pengguna Google Chrome dalam mode Incognito.

Di dalam artikel bantuan tersebut, Google sendiri telah menuliskan jika mode tersebut tidak diaktifkan, maka mereka dapat melihat semua riwayat kita yang dalam browser tersebut.

If you don’t want Google Chrome to remember your activity, you can browse the web privately in Incognito mode.

Artinya, jika kita mengaktifkan Incognito, maka Google tidak dapat melihat maupun mengetahui riwayat pencarian kita pada Google Chrome. Percaya? hell no!.

Bagi sebagian orang yang tidak terlalu paham pentingnya sebuah data tentunya tidak akan mempermasalahkan hal tersebut atau bahkan tidak peduli. Akan tetapi jika kita termasuk orang yang aware terhadap data maupun privacy kita di internet, maka hal tersebut sangatlah fatal dan memang menyalahi aturan.

email alternatif gmail dan yahoo terbaik

Oleh karenanya, dengan artikel ini kami ingin memberikan beberapa alternatif surel yang aman dan menghargai privasi penggunanya. Mungkin beberapa alasan lain adalah, apakah kita yakin email yang kita gunakan aman? atau bahkan terkesan membosankan dengan ketiga email yang sering kita gunakan seperti Gmail, Yahoo dan Outlook?

Ada beberapa tools / software yang ingin kita coba ulas, yang tentunya berhubungan dengan email.

Table of contents

  1. Mail.com
  2. ProtonMail
  3. 10 Minute Mail
  4. iCloud Mail
  5. Yandex
  6. Tutanota

1. Mail.com

email alternatif gmail terbaik

Mail.com sendiri memiliki banyak kelebihan, dan menjadi salah satu yang paling kami rekomendasikan karena tentunya ada beberapa alasan yang membuat kita akan ketagihan menggunakannya. Mereka menyediakan 10 email alias. Sehingga dalam satu akun email, kita bisa mempunya banyak akun alias dan tentunya kita dapat dengan bebas memilih alias manakah yang akan kita jadikan defaultnya.

Saya sendiri lebih sering menggunakan Mail.com dibandingkan Gmail. Karena lebih simple dan bisa menggunakan banyak alias, sehingga akan sangat membantu jika kita berharapan dengan client yang berbeda.

Kelebihan mail.com yang lainnya adalah, kita akan mendapatkan banyak ekstensi ketika awal pendaftaran.

Sebagai contoh: email default dari mail.com adalah [email protected]

Akan tetapi, jika kita mendaftar akun baru, kita akan mendapatkan pilihan domain lain yang lebih banyak dan tentunya keren-keren.


Dapatkan Diskon 20% Untuk Setiap Pembelian VPS di DomainNesia SELAMASANYA!!!
  • Gunakan Kode Kupon noTnoobVPS

Beberapa ekstensi domain yang tersedia antara lain:

  • @mail.com
  • @workmail.com
  • @linuxmail.org
  • @engineer.com
  • @worker.com
  • @photographer.net
  • @null.net
  • @usa.com
  • @europe.com
  • @asia.com
  • @graphic-designer.net

dan masih banyak lagi. Tentu saja dengan beberapa pilihan custom domain akan membuat email kita lebih professional, dibandingkan dengan menggunakan ekstensi gmail ataupun yahoo. Keren sekali bukan?

2. ProtonMail

protonmail - email alternatif yahoo terbaik

Perbedaan yang paling mencolok antara ProtonMail dan beberapa provider yang lain adalah pada fitur enkripsi. ProtonMail secara default sangat mendukung privacy untuk semua data yang dikirimkan melalui server mereka.

Oleh karena itu, ProtonMail banyak menjadi rekomendasi beberapa orang yang peduli dengan keamanan data yang hendak dikirimkan.


Dapatkan Diskon 20% Untuk Setiap Pembelian VPS di DomainNesia SELAMASANYA!!!
  • Gunakan Kode Kupon noTnoobVPS

Ketika kita mengirimkan sebuah pesan melalui ProtonMail, maka hanya penerima sajalah yang dapat membaca email tersebut dan email tersebut tidak dapat diteruskan / forward ke email lain karena alasan enkripsi.

Dengan ProtonMail, kita dapat memberikan timer terhadap pesan yang kita kirim, yaitu dengan cara mengatur timer pada email tersebut. Sehingga ketika timer yang ditentukan telah habis, maka email tersebut akan otomatis hancur tak berbekas.

Maksimum untuk memberikan timer terhadap pesan kita sendiri hanya mencapai 28 hari. Artinya, setelah 28 hari, pesan tersebut akan hilang dengan sendirinya.

ProtonMail sendiri memiliki dua domain default, yaitu @protonmail.com dan @protonmail.ch, tersedia juga ekstensi lain, akan tetapi kita harus membayar lebih.

3. 10 Minute Mail

10 minute mail - email temporary terbaik

Ingin berkirim temporary mail / email sementara? 10minutemail jawabannya.

Dengan 10MinuteMail, kita bisa mengirim email sementara yang hanya bisa diakses selama 10 menit setelah email tersebut diterima oleh si penerima.

10MinuteMail mengijinkan kita mengirim email tanpa melakukan pendaftaran terlebih dahulu, kita dapat langsung menggunakan layanan gratis dari mereka hanya dengan beberapa langkah, dan akun tersebut akan hilang secara otomatis ketika telah melebihi batas waktu, yaitu 10 menit.

10 Minutes Mail hanya memberikan kita email sementara dan hanya dapat digunakan sekali saja. Maksudnya adalah kita dapat menggunakan alamat email yang sama hanya sekali, jika telah lebih dari 10 menit, maka email tersebut akan expired dan kita harus menggunakan alamat email lain jika ingin menggunakannya kembali, keren bukan?, karena hal itu akan sangat cocok untuk berkirim pesan dengan orang baru, tanpa ribet melakukan pendaftaran dan membagian identitas pribadi kita seperti email dsb.

Email alternatif gmail terbaik

4. iCloud Mail

icloud mail - email alternatif gmail terbaik

Tentunya nama iCloud sudah tidak asing lagi bagi para pengguna smartphone bukan?. Terutama bagi para pengguna iPhone.

iCloud Mail sendiri dapat kita akses setelah membuat akun iCloud untuk pengaktifan beberapa perangkat Apple seperti iPhone, iPad, iMac dan Macbook. Selain iCloud mail, tentunya kita juga dapat mengakses beberapa fitur lain dari iCloud tersebut sekaligus, seperti Note, Contact, Setting, Photos, Memo / Reminder, iCloud Drive, Calendar, Numbers, Pages, Find Friends.

iCloud sendiri menyediakan storage sebesar 5GB untuk setiap akun, dan tentunya dapat melakukan upgrade berdasarkan kebutuhan dengan harga yang cukup terjangkau.


Dapatkan Diskon 20% Untuk Setiap Pembelian VPS di DomainNesia SELAMASANYA!!!
  • Gunakan Kode Kupon noTnoobVPS

iCloud Mail hanya dapat diakses oleh pengguna produk-produk Apple, dikarenakan kita harus melakukan konfirmasi login dari device tersebut ketika hendak melakukan login, sehingga keamanan pun tidak perlu diragukan lagi.

Beberapa kelebihan iCloud Mail sendiri diantaranya:

  • Bebas Iklan
  • All in one place
  • Secure over Gmail, Yahoo & Outlook
  • Easy to unsubscribes. Hanya dengan one click, tidak seperti gmail, yahoo maupun outlook.
  • Support Imap
  • Dapat mengirimkan file / attachment dalam jumlah yang lebih besar melalui fitur Mail Drop
  • Keyboard Shortcuts
  • Telah support Forwarded Different Email Address

Secara defaul, iCloud memberikan ekstensi @icloud.com sebagai domainnya.

5. Yandex

yandex mail - salah satu email alternatif terbaik dari gmail

Yandex adalah sebuah perusaaan raksaksa dari Russia.
Sama seperti Google, Yandex memberikan beberapa fasitilas gratis lain selain email seperti:

  • Yandex Metrica
  • Yandex Search
  • Yandex Disk
  • Yandex Translate
  • Yandex Video
  • Yandex Images
  • Yandex Mail
  • Yandex Maps

Beberapa dari kami adalah pengguna setiap Yandex. Karena keamanan dan privacy yang mereka berikan membuat kita dengan bebas berikirim dokumen tanpa personalisasi ads seperti Gmail, Yahoo dan Outlook tentunya.

Yandex memberikan free storage sebesar 10 GB untuk setiap penggunanya, sehingga memudahkan kita untuk memanage setiap file yang ingin kita kirim melalui fitur attachment dan akan tersimpan otomatis di dalam Yandex Disk.

Kelebihan lain yang diberikan Yandex sendiri tidak jauh berbeda dengan Google, antara lain:

  • Fitur delay untuk pengiriman email
  • Download email dengan formal EML
  • Import email dari Yandex Disk
  • Bebas iklan
  • Custom Themes
  • Support custom domain, sehingga kita dapat membuat email dengan domain kita sendiri menggunakan fitur free account.
  • Kita dapat melakukan import dari email yang berbeda-beda (selain yandex) yang kita miliki dan membacanya melalui yandex mail.
  • Dan tentunya kita akan medapatkan notifikasi ketika email yang kita kirimkan sebelumnya tidak mendapatkan balasan, how cool is that? right?

Sama halnya dengan google, dengan sekali login kita dapat mengakses beberapa fitur-fitur yandex di atas dengan mudah dan tentunya dengan privacy yang lebih terjamin.

Yandex sendiri menyediakan email dengan extensi @yandex.com sebagai domainnya.

6. Tutanota

tutanota mail - email alternatif terbaik

Alternatif email dari Gmail, Yahoo dan Outlook berikutnya adalah Tutanota. Tutanota adalah sebuah email client yang berasal dari Germany. Tutanota sendiri dikenal karena mereka memberikan sebuah fasilitas keamanan yang sangat baik kepada para pengguna untuk mengirimkan email-email mereka tanpa adanya kebocoran data dan informasi, dan iklan of course.

Hal annoying dari Tutanota adalah, ketika kita hendal melakukan pendaftaran email baru, kita akan dipaksa untuk membuat kata sandi yang benar-benar aman dengan berbagai macam karakter, hal itu justru menjadi kelebihan dari Tutanota sendiri, karena mereka ingin memberitahukan kepada setiap user yang melakukan pendaftaran akun baru agar peduli terhadap keamanan akun mereka.

Sama seperti halnya arti nama dari “Tutanota” itu sendiri dalam bahasa latin yaitu: “tuta nota” yang berarti “Secure Message” (pesan yang aman).

Salah satu kelebihan dari Tutanota sendiri adalah, ketika kita akan mengirimkan pesan ke pengguna lain (selain Tutanota), kita akan diberikan pilihan, yaitu mengirimkan email tersebut menggunakan password agar pesan tersebut terenkripsi, atau membiarkannya saja agar pesan tersebut tidak dienkripsi. Jika kita memilih menggunakan password, maka penerima akan mendapatkan sebuah link / tautan khusus untuk membuka email tersebut dan mereka wajib untuk memasukkan password untuk membaca dan membalasnya.

Tutanota Mail sendiri memiliki beberapa fitur ekstensi domain untuk emailnya seperti, tutanota.com, tutanota.de, tutamail.com, tuta.io, keemail.me.

email alternatif gmail terbaik


Conclusion

Demikianlah beberapa pilihan email alternatif untuk Gmail, Yahoo, dan Outlook.

Jika kita merasa malas dan bosan dengan iklan-iklan yang ditampilkan oleh Gmail, Yahoo, dan Outlook. Beberapa alternatif di atas sangatlah cocok dan patut dicoba, karena bagi sebagian orang, berkirim email menjadi hal yang sangat rahasia karena menyangkut data-data yang sensitif, seperti halnya data pribadi, perusahaan, nasabah, dan yang lainnya sehingga mereka akan menginginkan email yang lebih aman dari ketiganya. Walaupun banyak yang menggunakan ketiga provider tersebut (Gmail, Yahoo dan Outlook), akan tetapi tidak sedikit pula yang menggunakan beberapa alternatif email di atas sebagai sarana untuk berikirim dokumen-dokumen penting mereka, sehingga para provider email tersebut tetap eksis dan bahkan berani menyediakan fitur berbayar untuk fasilitas yang mereka berikan kepada pengguna.

Baik Gmail, Yahoo, Outlook dan beberapa email di atas pasti memiliki sebuah celah keamanan. Oleh karena itu, sebagai pengguna pun kita harus tetap aware terhadap data-data yang dikirimkan kepada calon penerima.

comments powered by Disqus