noTnoob Team
noTnoob Team Part of noTnoob Team, we delivered the best insight and knowledge for you to read and spread.

Apa Enaknya pakai Linux? Enaknya Pakai Linux itu...


Apa Enaknya pakai Linux? Enaknya Pakai Linux itu...

Mengapa Linux banyak digunakan oleh seorang programmer, engineer dan data science?
Apa enaknya menggunakan Linux? mengapa saya lebih memilih Linux dibanding Windows maupun MacOS X?

The answers is: You wouldn’t get it. Well, at least before you try.

Linux sangatlah simple dibandingkan dengan Windows, dan Mac (menurut saya pribadi).

Saya pengguna Windows & Linux untuk development di kantor. dan Mac jika sedang tidak membawa laptop.

Dari keiga OS di atas, hanya Linux yang bisa memenuhi kebutuhan development saya.

  • Simple, very very simple. Trust me, when you get into it. It’s hard for you to stop. Di Linux kita terdapat sebuah permission, dengan root yang memiliki level tertinggi. Di Linux kita bisa mengetahui bagaimana sebuah system operasi bekerja & bagaimana cara menanganinya.

  • Di Linux kita akan lebih mengenal apa yang disebut dengan Development Environment secara detail, hal tersebut sangat berguna jika kita seorang developer / programmer / engineer or whatever you name it.

  • Di Linux kita akan terbiasa menggunakan Command Line Interface (CLI) dibandingkan dengan User Interface. Hal tersebut sangatlah berguna untuk seorang… well you know who, right? Karena dengan command line, proses installasi dan development akan lebih cepat dibandingkan harus masuk ke sebuah folder satu2 menggunakan mouse.

  • Low-Cost. Rata-rata aplikasi yang berjalan di Linux dapat digunakan secara gratis tanpa menggunakan lisensi. Jadi HALAL 100% tanpa crack / bypass license. how cool is that? right?

  • Tools yang ada di Linux lebih lengkap dibandingkan dengan Windows maupun MacOS.

  • Di Linux kita akan mengenal sebuah permission dengan bermacam-macam level yang sangat berguna untuk system keamanan.
    • chmod - R 777 nama_folder: Semua orang bisa membuat, membaca, dan mengeksekusi apapun yang ada di dalam folder tersebut.
    • chmod -R 775 nama_folder: A bisa membaca dan mengedit sedangkan user B hanya bisa membaca.
    • chmod -R 666 nama_folder: Owner & Group (permission) dapat membuat, mengedit dan mengeksekui semua yang ada di dalam folder, tetapi orang lain tidak bisa membuat apapun (contoh: membuat nama_file.csv, paste, dsb), mereka hanya bisa membaca dan mengeksekusi, semua yang ada di folder tersebut.
  • Linux lebih stable dibandingkan dengan OS lainnya terutama Windows, karena linux dapat tetap berjalan sempurna di atas RAM 1GB dan HDD 250GB dengan menggunakan flavour tertentu, Baca: linux distribution yang telah dicustom.

  • Free Virus. Well, linux sendiri bisa terkena virus seperti halnya MacOS, akan tetapi, berkat permission yang “canggih”, sangat jarang dan bahkan selama saya pakai linux, tidak pernah mendengar teman ataupun client yang terkena virus di system operasi mereka. Server. Yep!. Linux banyak digunakan untuk sebuah server dikarenakan easy to maintain, cost to maintain. linux & super komputer

  • Last but not least, Linux Open Source. Sehingga kita diijinkan untuk melakukan custom sesuka hati.

Saya rasa itulah mengapa programmer dan engineer menggunakan Linux dibandingkan Windows maupun MacOS. Dulu teman saya merekomendasikan linux sebagai sarana belajar dan saya menolak mentah-mentah, akan tetapi setelah saya mencobanya sendiri memang benar adanya. Well, at least one of the best Operating System ever made. And thanks to Linus Torvald for making it as an Open Source project.

comments powered by Disqus