Mau backlink gratis? Submit URL Kamu di sini!

Alternatif Google Adsense Terbaik Untuk Blog

Sebagai seorang publisher, tentunya kita ingin mendapatkan penghasilan dari blog yang kita kelola, sehingga apa yang kita kerjakan akan terbayarkan baik itu dari metode iklan, referra, maupun affiliasi.

Tentunya kita juga tidak asing dengan Google Adsense, di mana blog yang sudah terpasang Google Adsense sudah pasti akan menghasilkan dengan jumlah yang bervariasi. Baik itu dalam jumlah receh hingga puluhan juta rupiah perbulannya.

Akan tetapi di sisi lain, untuk mendaftarkan blog kita ke Google Adsense sendiri tentunya gampang-gampang mudah. Ada banyak blogger pemula yang merasa kesulitan dalam melakukan pendaftaran ke platform layanan iklan tersebesar tersebut.

Oleh karenanya, di bawah ini kita akan coba membahas alternatif apa sih yang cocok digunakan untuk menghasilkan uang dari blog selain Google Adsense? Yuk simak di bawah ini…

Bidvertiser

Bidvertiser alternatif google adsense

Alternatif Google AdSense yang pertama yaitu Bidvertiser. Kelebihan dari Bidvertiser sendiri adalah proses pengajuan yang sangat cepat. Kita dapat langsung mendapatkan status approved tanpa harus berlama-lama menunggu. Yang terpenting adalah konten yang kita sajikan pada blog kita tidak melanggar aturan dan memiliki sitemap serta navigasi blog yang mudah digunakan.

Dengan Bidvertiser, Kita dapat menarget iklan berdasarkan keyword maupun based on user locations.

Kekurangan dari Bidvertiser sendiri adalah, iklan yang ditampilkan pada blog kita terkadang tidak sesuai dengan isi blog (tidak relevan).

Akan tetapi kita tak perlu khawatir. Pasalnya, iklan-iklan yang ditawarkan oleh Bidvertiser sendiri cukuplah beragam dan memiliki nilai yang cukup tinggi. Sehingga tidak menutup kemungkinan para pengunjung akan tertarik untuk meng-klik iklan tersebut.

Semua iklan dari Bidvertiser selalu di awasi oleh tim internal mereka sendiri, guna menghindari kecurangan self-click dari publisher, ataupun dari segala macam spam yang merugikan kedua belah pihak.

Kelebihan Bidvertiser sendiri antara lain:

  • Pengajuan sangat mudah dan cepat diterima.
  • Iklan lebih berkualitas walaupun terkadang tidak sesuai dengan isi konten kita.
  • Iklan tetap dimonitoring oleh pihak Bidvertiser 24 jam non-stop sehingga terjamin bebas dari virus maupun kecurangan lainnya.

Kekurangan Bidvertiser:

  • Iklan tidak relevan.
  • Tampilan yang cenderung agak membingungkan terutama untuk pemula karena masih memiliki sistem laporan yang tidak memberikan data dari impression dan CTR.

AdsTerra

AdsTerra sebagai alternatif google adsense

Alternatif lain dari alternatif AdSense adalah AdsTerra.

Adsterra juga menawarkan bermacam-macam jenis iklan, seperti: video, push notifikasi, banner, dan masih banyak lagi. Kelebihan lain yang penulis sendiri suka adalah, iklan dari AdsTerra masih tetap akan muncul meskipun pengguna memasang AdBlock pada browser mereka, sehingga kita sebagai penulis blog / content creator tidak perlu takut jika iklan tidak muncul. Karena mereka memiliki sistem yang cukup unik untuk tetap memunculkan iklan pada blog publisher meskipun terhalang oleh AdBlock.

Sistem pendaftaran pada AdsTerra juga tidak membutuhkan waktu yang lama. Berdasarkan pengalaman pribadi, tidak sampai 5 menit akun publisher kita telah siap untuk digunakan. Sangat cepat bukan?

Beberapa kelebihan dari AdsTerra antara lain:

  • Alternatif terbaik untuk iklan pop-under.
  • Perlindungan pihak ketiga yang canggih. Pengunjung terbebas dari malware atau iklan yang tak pantas.
  • Bantuan lewat Skype untuk penyelesaian cepat.

Kekurangan:

  • Minimal pencairan dana $100.
  • Tak cocok untuk blog trafik kecil karena tingginya minimal pencairan dana.
  • Kategori iklan yang sulit disaring.

PopAds

PopAds adalah iklan selain adsense
PopAds sebagai alternatif google adsense

Hampir sama dengan Adsterra, PopAds dapat menjadi alternatif terbaik selain Google AdSense dalam hal iklan pop-under. Selain itu, PopAds juga menyediakan iklan dalam bentuk pop-up, tab up, tap under, dan masih banyak lagi. Di PopAds, kita juga dapat mengatur frekuensi kemunculan iklan agar pengunjung tak bosan melihat iklan yang sama berulang kali.

Kelebihan lain dari PopAds ini adalah kita bisa mencairkan bayaran setiap harinya. Dengan catatan kita berhasil mendapatkan penghasilan minimal $5 setiap harinya. Selain itu, PopAds memiliki jaringan iklan yang dapat menjangkau pengunjung di lebih dari 50 negara. Sehingg kita bisa mendapatkan lebih banyak penghasilan dengan mudah jika blog kita berbahasa asing

Kelebihan PopAds:

  • Spesialisasi dalam jenis iklan pop-under.
  • Memiliki jaringan yang cukup luas, di lebih dari 50 negara.
  • Pencairan dana setiap hari, dengan minimum pencairan dana kurang lebih $5.

Kekurangan:

  • Pengunjung umumnya kurang suka dengan iklan pop-under. 
  • Kategori iklan yang sulit disaring sesuai dengan jenis niche blog/website kita.

RevenueHits

RevenueHits juga termasuk alternatif adsense terbaik
RevenueHits sebagai alternatif google adsense untuk pemula

Meskipun terbilang masih baru, RevenueHits dengan perlahan mulai meraih reputasi sebagai salah satu alternatif dari Google AdSense terbaik. Seperti halnya Google Adsense, RevenueHits mampu mempelajari iklan di blog kita sehingga dapat menampilkan iklan yang lebih relevan dengan konten blog dikemudian hari.

Sistem tersebut menganalisa dan membandingkan jenis iklan RevenueHits dengan konten blog kita. Sehingga, RevenueHits dapat memilih jenis iklan apa yang lebih cocok dijalankan di blog kita. 

Jenis iklan yang kita dapatkan dapat berbeda-beda tergantung isi konten blog. Mulai dari popup, banner, widgets, dan lain sebagainya.

Kelebihan RevenueHits:

  • Sama seperti Google Adsense, di mana mereka memiliki sistem yang dapat mempelajari konten dan iklan yang paling cocok ditampilkan di website kita.

Kekurangan:

  • Tampilan dashboard yang jadul sehingga sedikit membingungkan bagi pengguna baru.

PopCash

PopCash adalah salah satu alternatif google adsense terbaik
popcash alternatif google adsense untuk pemula

Jika di atas terdapat PopAds, maka PopCash menawarkan sistem iklan yang berbeda kepada publisher, tidak seperti penyedia layanan AdSense pada umumnya. PopCash akan membatasi kemunculan iklan di blog kita. Sehinnga, setiap pengunjung hanya akan melihat satu iklan setiap 24 jam.

Hal tersebut tentunya akan membatasi revenue kita sebagai seorang publisher. Akan tetapi, sistem tersebut terbukti memberikan user experience yang lebih baik. Sebab, tidak sedikit pengunjung yang merasa kesal ketika disuguhi iklan setiap waktunya saat mereka berselancar di blog kita.

PopCash juga memberikan minimum pencairan dana rendah. Dengan nilai minimal $10, maka uang tersebut sudah bisa dicairkan melalui PayPal. 

Kelebihan PopCash:

  • Meberikan User Experience yang lebih baik kepada pengguna karena jumlah iklan yang muncul terbatas setiap 24 jam.
  • Minimum pencairan dana yang rendah dibanding Google Adsense dan AdsTerra.

Kekurangan:

  • Karena jumlah iklan yang muncul terbatas, maka otomatis penghasilkan pun tidak akan sebanyak Google Ads, dkk.

AdNow

AdNow sebagai alternatif google adsense iklan native

AdNow adalah provider iklan yang patut kita coba selain Google Adsense

AdNow berbasis widget Native Ads. Tipe ini lebih efektif dan efisien karena bisa menyesuaikan dengan tampilan blog kita. Mulai dari jenis font, warna font, hingga bentuk iklan yang akan dimunculkan.

AdNow juga dapat menyesuaikan ukuran iklan berdasarkan perangkat yang digunakan pengunjung untuk mengakses blog kita. Hal ini tentunya sangat baik bagi User Experience, sehingga pengunjung tidak akan terganggu dengan tampilan iklan yang sering kali overlap menutupi konten blog.

Pengajuan AdNow terbilang cukup mudah jika dibandingkan dengan Adsense lainnya. Kita hanya perlu memastikan bahwa blog kita tak melanggar hak cipta atau terdapat aktivitas ilegal di dalamnya. Seperti: spam, konten dewasa, scam, dsb.

Kelebihan AdNow:

  • Proses pengajuan yang terbilang cukup mudah dibanding penyedia layanan iklan lainnya.
  • Dapat berjalan dengan penyedia layanan iklan lain. Sehingga kita bisa memasang AdNow bersama Google AdSense atau dengan alternatif AdSense lainnya.

Kekurangan:

  • Iklan yang muncul di blog tidak dapat difilter
  • Pembayaran terkadang terlambat dari tanggal yang sudah ditentukan

Demikianlah beberapa alternatif dari google adsense yang dapat kita coba untuk mendapatkan tambahan penghasilan melalui blog. Baik Google Adsense dan alternatifnya, tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Selamat Mencoba!


Baca juga:

Apa itu Fiverr dan bagaimana cara kerjanya?
Pengertian Content Management System (CMS)
Alternatif untuk Google Analytics

Leave a Comment