Apa Itu Fiverr Dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Menawarkan jasa di Fiverr adalah salah satu cara ampuh untuk menambah penghasilan dengan cara bekerja jarak jauh atau remote. Potensi penghasilan Anda menjadi tidak terbatas. Dengan Fiverr, Anda tentu dapat bekerja dari mana saja di belahan dunia. Hal terpentingnya adalah Anda memiliki skill apapun untuk dijual dan akses internet, karena secara tidak sadar, seringkali keahlian yang Anda miliki dapat menghasilkan banyak uang tambahan, dan salah satunya melalui Fiverr.

Anda bisa mendapatkan pekerjaan dengan rate $5 (lima dolar) dari Fiverr dengan mudah. Idenya cukup sederhana, Anda hanya perlu menawarkan jasa apapun untuk dijual yang senilai $5 (lima dolar), atau sekitar Rp. 71.190,- (tujuh puluh satu ribu xxx rupiah) ketika artikel ini ditulis.

Dengan jasa yang Anda tawarkan sebesar $5 (lima dollar) tersebut, tentunya akan sangat membantu untuk mempromosikan jasa Anda kepada calon pembeli/client, mengingat Anda adalah seorang penjual (freelancer) baru yang belum memiliki rating (di Fiverr).

Tips: Jika Anda seorang traveler, dengan harga $5 (lima dolar) atau sekitar Rp. 70,000.00, Anda dapat menawarkan jasa pembuatan bucket list atau rekomendasi perjalanan untuk para traveler yang ingin berkunjung ke negara yang telah Anda kunjungi sebelumnya. Menarik bukan?

Apa itu Fiverr?

Didirikan pada tahun 2010, Fiverr mempunyai sebuah misi yaitu menyediakan sebuah platform online yang dapat membantu para freelancer menawarkan jasa mereka kepada client dan mendapatkan upah darinya.

Sederhanya, Fiverr adalah sebuah platform online yang menawarkan berbagai mini-job / projek kecil-kecilan hasil kreatifitas para freelancer. Walaupun banyak juga projek besar yang dapat kita temui di sana.

Di situs tersebut, Anda dapat menemukan berbagai macam jasa dan ketrampilan yang ditawarkan oleh para freelancer lain dengan harga dan jenis jasa yang bermacam-macam. Seperti design, advertising, penerjemah, web development, dan masih banyak lagi.

Bagaimana cara kerja Fiverr?

Seperti yang disebutkan sebelumnya, fiverr memberikan sarana promosi yang menarik. Yaitu, freelancer harus memasang tarif terkecil mereka seharga $5 (lima dollar) atau biasa disebut “Gig”.

Apa itu GIG’s pada Fiverr?: Gig’s adalah sebuah penawaran seharga $5 (lima dolar) yang ditawarkan para freelancer untuk setiap jasa atau pekerjaan kecil di Fiverr. Contohnya: membantu mengerjakan tugas sekolah, mengoreksi tugas, membantu merevisi makalah, dan lain sebagainya.

Gig’s sendiri bersifat terbuka. Artinya, dengan $5 (lima dollar), para pemesan/pengguna jasa tersebut hanya mendapatkan satu service/jasa kita.

Gig’s sendiri bersifat terbuka, artinya kita dapat membuat tambahan gig’s dengan harga yang lebih tinggi untuk menaikkan pendapatkan, atau biasa disebut Extra Gig’s oleh pengguna Fiverr. Extra Gig’s inilah yang nantinya akan menaikkan penghasilan kita, karena dengan Extra Gig’s, kita dapat menawarkan jasa yang lebih professional, seperti jasa pembuatan website, tour guide, translator, hingga penulisan sebuah makalah.

Proses untuk menemukan pekerjaan di Fiverr pun cukup mudah. Pertama-tama, Anda harus memahami pihak-pihak yang terlibat dalam proses ini, yaitu Penjual dan Pembeli.

Apa itu fiverr? cara mudah mendapatkan uang dari fiverr
  • Penjual (Freelancer)
    Penjual
     adalah jika Anda seorang freelancer yang sedang mencari pekerjaan atau menawarkan jasa anda kepada para pembeli (client) untuk mendapatkan uang.Penjual dapat mencantumkan jenis layanan apa pun yang mereka inginkan, beserta harga yang ingin dibayarkan oleh pembeli (client).Peluang Anda untuk mendapatkan pembeli (client) akan dilihat dari jenis bidang dan pengalaman Anda di bidang tersebut.
  • Pembeli (Client)
    Sedangkan pembeli (client) adalah, jika Anda mencari jasa atau membeli layanan dari para penjual (freelancer).Pembeli memiliki sesuatu yang wajib diselesaikan oleh penjual (freelancer), baik berupa tugas kuliah, pekerjaan individu maupun bisnis.Para pembeli menyewa freelancer karena mereka membutuhkan bantuan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.Fiverr memiliki track record dua arah. Jika Anda adalah penjual (freelancer), maka anda dapat melihat riwayat pembelian calon client anda dengan mudah dan memastikan jika client tersebut memanglah benar adanya.Begitupun sebaliknya, jika Anda seorang pembeli, maka anda dapat melihat seluruh riwayat pekerjaan yang telah diselesaikan oleh penjual (freelancer) tersebut. Termasuk bidang dan keahlian yang dimiliki oleh penjual.

Mulailah memamerkan dan menghasilkan

Setelah Anda memahami apa itu fiverr beserta cara kerjanya, saatnya untuk memamerkan skill anda dan mendapatkan hasilnya.

cara mudah mendapatkan uang dari internet
  • Buatlah seller profile anda
    Buatlah akun fiverr baru di sini, dan pilihlah menu Become a Seller seperti gambar di bawah, proses registrasinya cukup mudah, isilah form registrasi yang tersedia dan Anda akan mendapatkan sebuah E-Mail yang berisi link untuk melakukan konfirmasi. Setelah Anda selesai mengisi form pendaftaran, saatnya memamerkan hasil karya yang pernah Anda kerjakan sebelumnya.

Daftar Fiverr Gratis

  • Jelaskan secara tentang diri anda sebaik mungkin
    Seller Profile adalah hal terpenting untuk membuat calon client tertarik dengan jasa yang Anda tawarkan.Seller Profile adalah cara yang tepat untuk memamerkan hasil karya dan pencapaian karir Anda selama bekerja ataupun kuliah. Jangan ragu untuk memberikan showcase portolio terbaik Anda di sini. Karena semakin banyak portfolio, artinya Anda semakin berpengalaman dalam bidang yang tersebut. Karena Anda harus bisa menjual diri Anda melalui seller profile tersebut. Jadilah seprofessional mungkin.
  • Gig’s
    Tahap selanjutnya adalah gig’s. Karena tujuan kita memamerkan karya kita tentunya untuk mendapatkan client / pembeli yang potensial bukan?Buatlah gig awal dengan harga yang telah Fiverr sarankan, yaitu $5 (lima dollat) untuk menarik potensi pembeli sekaligus mempromosikan profile kita.Berikut ini adalah hal-hal yang harus Anda perhatikan ketika memasang gig.
    • Tekankan kembali kelebihan Anda pada jasa tersebut.
    • Jelaskan apa yang akan pembeli dapatkan.
    • Persyaratan yang harus client penuhi (misal: jumlah, jam kerja, hari libur, dsb). Jangan sampai hal tersebut menggangu waktu berharga Anda.
    • Berikan bonus (semua orang menyukai bonus).
    • Buatlah gig sesuai dengan deskripsi profile Anda.
  • Kirimkan penawaran langsung kepada pembeli
    Meskipun kita bekerja secara santai dan menunggu client memesan jasa kita, Fiverr juga menyediakan fitur penawaran yang dapat memperbesar kemungkinan kita untuk mendapatkan client.

cara mendapatkan uang dari fiverr dengan mudah
  • Cobalah untuk mengirimkan penawaran kepada para pembeli yang memiliki potensi, semakin aktif mengirimkan penawaran, maka semakin besar pula kemungkinan kita mendapatkan banyak client.Beberapa pembeli biasanya akan akan memposting sebuah request untuk project yang perlu dikerjakan oleh para calon penjual (freelancer).

    Jika persyaratan dari pembeli tersebut dapat kita penuhi (termasuk harga yang menurut Anda di bawah standard), maka jangan ragu untuk mengirim direct offer/penawaran langsung kepada calon pembeli(client) tersebut dan menjelaskan secara rinci mengapa mereka harus menggunakan jasa Anda.

    Gunakan trik ini, sebaiknya jangan khawatirkan masalah harga, jika client merasa puas, maka bukanlah hal yang tidak mungkin mereka akan menggunakan jasa Anda pada project selanjutnya. Tentunya gunakanlah harga standard, dan jelaskan jika mereka telah mendapatkan potongan harga di awal / project pertama sebelumnya. Menarik bukan?
  • Berapa biaya yang dikeluarkan untuk setiap project di Fiverr?
    Fiverr sendiri menggratiskan pendaftaran para penggunanya, tanpa dikenakan biaya sepeserpun. Pembeli dapat melakukan browsing dan melihat bermacam-macam gig’s yang tersedia.
    • Untuk pembeli (client) 
      Jika Anda adalah pembeli dan membutuhkan jasa seorang freelancer, maka Anda akan dikenakan biaya sewa (freelancer) dan administrasi untuk menghindari kecurangan (Arbitrasi).Besarnya biaya tersebut tergantung dari berapa banyak nilai project yang akan dikerjakan. Sebagai contoh, jika harga jasa project tersebut $40 (empat puluh dollar), maka anda harus membayar uang muka sebesar 2%. Dan jika harga jasa project tersebut bernilai di atas $40 (empat puluh dollar), maka Anda akan membayar uang muka sebesar 5%.Contoh: Ketika Anda menyewa jasa seharga $10 (sepuluh dolar) dari seorang freelancer untuk mengerjakan sebuah tugas kuliah, maka Anda harus membayar biaya sewa terlebih dahulu kepada Fiverr sebesar 2% sebelum mempekerjakan freelancer tersebut, dan Anda harus melunasi sisanya ketika project tersebut telah selesai.
    • Untuk penjual (freelancer)
      Sebagai penjual, Anda akan dibayar setelah pekerjaan tersebut selesai. Pembayaran akan dilakukan Fiverr sebesar 80% dari harga yang telah Anda sepakati dengan pembeli (client), karena Fiverr akan menjadikan 20% sisanya sebagai komisi (untuk memperkenalkan Anda dengan client).Contoh: Pembeli menawarkan garha $10 (sepuluh dollar) untuk satu lembar artikel / makalah, maka Anda akan mendapatkan $8 (delapan dollar) ketika project tersebut telah Anda selesaikan.

Take action

Cukup menarik bukan? Tunggu apalagi? Jangan biarkan bakat Anda terpendam begitu saja tanpa menghasilkan apapun. Gunakan bakat apapun yang Anda miliki untuk menghasilkan uang. Jadikan diri Anda lebih berharga dengan cara memulainya dari sesuatu yang kecil.

Daftar Fiverr Gratis

Baca juga:
Apa itu CMS? Pengertian Content Management System
Apa itu Hosting? Pengertian Hosting dan Jenisnya
12 Cara Jitu Mendapatkan Tiket Pesawat Murah
Apa itu Surface Web? Deep Web dan Dark Web?

Leave a Comment