Andini N
Andini N Like to write, taking beautiful pictures, traveling, eat, repeat.

Apa itu CEO? Yuk Simak Peran dan Tugas dari Seorang CEO!


Apa itu CEO? Yuk Simak Peran dan Tugas dari Seorang CEO!

Apa itu CEO? - CEO atau kepanjangan dari Chief Executive Officer atau dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai pejabat eksekutif tertinggi yang memiliki peranan tertinggi dalam sebuah perusahaan. Seseorang yang ditunjuk sebagai CEO dapat menentukan arah strategis bagi perusahaan, serta memiliki kewenangan penuh untuk mengelola, memimpin, dan melakukan berbagai langkah untuk memastikan keberhasilan perusahaan.

Dilansir dari Investopedia, CEO adalah manajer yang memiliki peringkat tertinggi dalam membuat keputusan di organisasinya. Di mana seorang CEO bertanggung jawab penuh dalam mengatur langkah-langkah kongkret secara keseluruhan di suatu organisasi.

Di samping itu, CEO juga memiliki tugas-tugas penting yang meliputi seluruh kegiatan organisasi, mulai pembentukan visi dan misi, menentukan manajemen secara menyeluruh, dan menentukan strategi. Sehingga bisa dikatakan bahwa seorang CEO memiliki tanggung jawab besar bagi organisasi atau perusahaan.

Lalu apa peran dari seorang CEO?

Peran seorang CEO bervariasi dari satu perusahaan ke perusahaan lainnya tergantung pada ukuran, budaya, dan struktur perusahaan tersebut. Jika kita melihat sebuah perusahaan yang besar dan maju, CEO biasanya hanya berurusan dengan keputusan strategis tingkat tinggi dan keputusan yang mengarahkan pertumbuhan perusahaan secara keseluruhan.

Sedangkan jika kita melihat contoh pada perusahaan yang masih dalam tahap berkembang, CEO sering kali lebih aktif dan terlibat dengan fungsi sehari-hari. CEO dapat mengatur nada, visi, dan terkadang budaya dalam sebuah organisasi.

Karena seringnya mereka berurusan dengan publik, terkadang CEO dari perusahaan besar menjadi terkenal. Mark Zuckerberg, CEO Facebook (FB), misalnya, adalah salah satu contoh seorang SEO yang terkenal. Demikian pula, Steve Jobs, pendiri dan CEO dari Apple, menjadi ikon global sehingga setelah kematiannya pada tahun 2011, film yang mengisahkan tentang perjalanan karirnya mendirikan Apple pun langsung meledak di pasaran.

CEO Sebagai Pengelola Sebuah Perusahaan

Tidak hanya memimpin, seorang CEO harus mampu menjadi pengelola perusahaan. Pengelolaan ini tentunya juga penting untuk berjalannya perusahaan. Pengelolaan yang dimaksud adalah mengelola bagaimana perusahaan mendapatkan pendanaan, material produksi, hingga ke proses pemasaran. Tentu saja akan ada tim divisi di perusahaan yang akan membantu CEO melaksanakan tugasnya. Tetapi seorang CEO akan jauh lebih baik ketika memiliki kontrol dan memahami setiap proses perusahaan dari hulu ke hilir.

Sebagai Komunikator

CEO merupakan jabatan tertinggi di kalangan eksekutif perusahaan. Meskipun dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai direktur utama, tetapi ada juga perusahaan yang memiliki CEO dan Direktur Utama yang berbeda. Karena jabatannya yang tertinggi tersebut, CEO menjadi komunikator antara karyawan perusahaan dan jajaran direksi yang ada dalam perusahaan. CEO harus bisa menyampaikan aspirasi dari pekerja dan menyampaikan solusi yang terbaik agar keduanya bisa berjalan dengan lancar. Tidak hanya itu, seorang CEO juga adalah wajah dari perusahaan. Jadi CEO adalah komunikator antara perusahaan dan dunia luar. Hal ini membuat CEO harus bisa konsisten dengan keputusan yang diambil untuk perusahaan.

Sebagai Eksekutor Perusahaan

Eksekutor adalah orang yang berani mengeksekusi sebuah ide atau gagasan. CEO perusahaan akan sangat membutuhkan jiwa eksekutor yang baik. Sebagai CEO, keahlian eksekutor akan sangat dibutuhkan karena suatu perusahaan harus cepat mengambil langkah dan mengeksekusi ide-ide yang ada demi kelancaran bisnis. Tidak hanya itu, sebagai eksekutor, CEO harus mampu untuk memperhitungkan setiap detail dampak positif dan negatif serta langkah-langkah eksekusi ide yang tepat untuk perusahaan.

CEO Sebagai Pemimpin

Tugas utama seorang CEO adalah memimpin perusahaan. Dalam hal ini, CEO harus mampu bertanggung jawab atas perusahaan yang ia pimpin. Menjadi seorang pemimpin juga membuat seorang CEO menjadi visioner. Hal ini dikarenakan CEO harus mempertimbangkan semua langkah perusahaan di masa depan. Penting untuk CEO menjadi orang yang visioner agar perusahaan mampu berkembang dan menjadi yang terdepan. CEO juga harus mampu melakukan inovasi atau perubahan dalam perusahaan. Inovasi tersebut tidak hanya dalam perusahaan, tetapi juga produk yang dikembangkan oleh perusahaan agar perusahaan tidak tertinggal oleh kompetitor dan tetap mendapatkan target pasar yang tepat.

Demikianlah pengertian dari apa itu CEO dan apa peran serta tugas seorang CEO. Tentunya sebuah perusahaan tidak hanya bergantung dari seorang CEO.

Masih ada dan banyak jabatan penting di dalam sebuah perusahaan yang berperan vital terhadap keberlangsungan perusahaan tersebut.

So, are you ready to be the next CEO? Let us know in the comment below!

comments powered by Disqus