NT Team
NT Team Like to read, write, ride, love to travel, I'm in love with chill & folk songs.

Apakah Perbedaan MBps & KBps?


Apakah Perbedaan MBps & KBps?

Masih merasa bingung dengan perbedaan MBps dan Mbps?

Simal penjelasan lengkapnya di sini.

Mbps adalah kepanjangan dari Mega(M) Bits(b) Per(p) Second(s), adalah satuan untuk mengukur kecepatan internet per detik dengan menggunakan satuan bits. Sedangkan MBps adalah kepanjangan dari Mega(M) Byte(B) Per(p) Second(s), adalah satuan untuk mengukur kecepatan internet per detik dengan menggunakan satuan Byte.

Perbedaan MBps dan Mbps terletak pada besar kecilnya huruf B, seperti pada MBps, huruf B nya besar berarti kepanjangannya Byte, sedangkan Mbps, huruf b nya kecil berarti kepanjangannya bits.

Perbedaannya satuan Byte dan bits adalah pada ukurannya, ukuran satuan byte lebih besar dari ukuran satuan bits, 1 bits sama dengan 0.125 Byte, atau 1 bits dibagi 8 jika diubah ke satuan Byte.

3.1 Mbps/310 kbps/3100 bps = 0.387 MBps/387 KBps. Jika satuan bits diubah ke satuan Byte berarti dibagi 8, jadi kecepatan 3.1 Mbps sebenarnya kecepatannya hanya 387 KBps maksimalnya, karena biasanya di PC, gadget atau handphone kecepatan internetnya menggunakan satuan ukuran byte bukan bits, sedangkan operator provider internet kita menggunakan satuan ukuran bits.

1
2
7.2 Mbps = 0.9 MBps.
14.7 Mbps = 1.83 MBps.

Bit per second atau bit per detik adalah satuan yg biasa dipakai dalam transmisi digital. seperti unit satuan lain, ada tingkatannya 1000 bit = 1 kilo bit, dan 1000 kilo bit = 1 mega bit. tetapi ada yang unik dalam transmisi data, sebenarnya yg biasa disebut 1 Mbps bukan genap 1000 tetapi 1024 kbps atau 2 Mbps adalah 2048 kbps. Kenapa begitu?

Ada sedikit salah kaprah yg biasa di masyarakat umum, benar Byte adalah satuan 8 bit tetapi byte per second tidak digunakan untuk transmisi data, Byte biasa digunakan dalam sitem komputasi.

1 Mbps bukan berarti 0,125 MBps. Sinyal internet dikirim dalam bentuk bit, dan walaupun 1 byte mengandung 8 bit, tetapi terdapat banyak bit-bit lainnya yang ikut dikirimkan, misalnya berupa checksum, counter, handshaking, dan lainnya.

Secara umum, TCP/IP (yang digunakan di internet), menggunakan struktur layer dalam pengiriman datanya, dan setiap layer menambahkan berbagai macam data yang harus dikirim juga dalam upaya mencegah kesalahan data yang dikirim dan diterima.

Untuk HSPA+ Speed maks bisa sampai 21Mbps dan untuk 4G bisa sampai 300Mbps.


DomaiNesia

comments powered by Disqus