Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org

Apa perbedaan WordPress.com dan WordPRess.org?

WordPress adalah CMS paling popular pada saat ini. WordPress mempermudah seseorang tanpa keahlian programming untuk dapat membuat sebuah blog/website sesudai dengan keinginan mereka dengan adanya bantuan plugin/theme builder.

Walaupun dengan semakin berkembangnya teknologi telah memunculkan CMS lain, tetapi sebagian besar pengguna blog/website di Internet masih menggunakan WordPress.

Jika kita seseorang yang baru saja memasuki dunia blogging dan melakukan pencarian kata “WordPress” di halaman Google, maka akan muncul 2 pilihan, yaitu WordPress.com dan WordPress.org.

Hal tersebut seringkali membingungkan bagi kita yang seorang pemula. Lalu apa perbedaan antara WordPress.com dan WordPress.org? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Perbedaan dasar WordPress.com dan WordPress.org

Perbedaan paling mendasar dari keduanya yaitu, WordPress.com dan WordPress.org adalah tempat Kita meng-hosting situs kita nantinya.

Dengan WordPress.com memberikan kemudahan bagi pengguna baru karena mereka tidak perlu repot-repot melakukan setup hosting dan sejenisnya. Semua telah otomatis dilakukan oleh pihak WordPress.com.

Berbeda dengan WordPress.org yang mengharuskan kita untuk melakukan setup sendiri pada hosting yang akan kita gunakan nantinya.

Baik WordPress.com dan WordPress.org memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Jika kita pengguna baru dan tidak ingin repot melakukan setup hosting dan domain, maka kita dapat memilih WordPress.com. Akan tetapi pilihan tersebut sangat tidak disarankan untuk kita yang ingin belajar lebih jauh tentang dunia blogging. Karena pada dasarnya, meng-hosting blog kita pada WordPress.com, maka kita memiliki keterbatasan akses terhadap blog kita nantinya.

Berbeda dengan WordPress.org. Pilihan ini sangatlah cocok untuk kita yang ingin belajar lebih jauh tentang dunia blogging. Karena dengan WordPress.org, kita memiliki blog kita seutuhnya. Kita dapat melakukan custom sesuai dengan keinginan kita, tanpa adanya batasan hak hak akses seperti halnya WordPress.com.

Walaupun mengharuskan kita untuk melakukan setup hosting terlebih dahulu, akan tetapi cara ini sangat disarankan untuk mereka yang ingin belajar lebih jauh tentang dunia blogging.

Perbedaan Biaya antara WordPress.com dan WordPress.org

Selain perbedaan dasar di atas, perbedaan lain yang patut dipertimbangkan adalah harga yang harus dibayar untuk dapat menggunakan kedua platform tersebut.

WordPress.com juga memberikan pilihan gratis untuk menghosting blog kita, dengan menumpang di subdomain mereka, sehingga nantinya url kita akan menjadi seperti “blog-kita.wordpress.com“.

Dikarenakan kita mendapatkan gratis subdomain tersebut, tentunya blog kita pun tidak luput dari iklan yang nantinya akan dimunculkan oleh pihak WordPress.com. Sehingga kita akan mendapati branding WordPress.com pada blog kita yang akan dilihat oleh setiap pengunjung blog.

Untuk dapat menggunakan custom domain, termasuk menghapus branding tersebut, kita diwajibkan membayar biaya jasa tersebut.

Adapun biaya WordPress.com relatif lebih mahal dibandingkan dengan WordPress.org.

Mereka memberikan pilihan billing bulanan dan tahunan untuk mebayar jasa mereka tawarkan.

Harga langganan bulanan WordPress.com

Perbedaan biaya langganan bulanan wordpress.com dan wordpress.org

Harga langganan tahunan WordPress.com

perbedaan harga langganan tahunan wordpress.com dan wordpress.org

Jika kita perhatikan dari kedua pricing di atas, maka harga yang mereka tawarkan cukup mahal dengan apa yang mereka tawarkan.

Berbeda halnya dengan WordPress.org.

WordPress.org memberikan pilihan kepada penggunanya untuk dapat memilih hosting provider sesuai dengan keinginan pengguna, tentunya juga menentukan harga sesuai dengan keinginan penggunanya.

Dengan semakin maraknya hosting mudah di tanah air, kita akan banyak mendapatkan jasa hosting yang sangat murah, bahkan dengan harga Rp. 10,000,- perbulannya. Sangat murah bukan?

Berikut ini gambaran harga hosting WordPress.org di tanah air.

perbedaan hosting wordpress.com dan wordpress.org di tanah air
Cloud Hosting Indonesia

Cukup murah bukan? Bahkan cenderung lebih murah dibandingkan dengan harga paket internet Telkomsel.

Oleh karenanya WordPress.org lebih disarankan untuk kita yang ingin lebih mengenal dunia blogging.

Pros & Cons WordPress.com dan WordPress.org

Adapun kelebihan dan kekurangan antara WordPress.com dan WordPress.org sendiri di antaranya adalah:

Kelebihan

  • WordPress.com cenderung lebih mudah untuk memulai jika kita seorang yang masih baru di dunia blogging, dengan bantuan tools default yang dimiliki, kita sudah dapat membuat sebuah blog sederhana tanpa skill programming yang dimiliki, tentunya juga kita akan mendapatkan subdomain “.wordpress.com“.
  • WordPress.org memberikan kita experience blogging yang sesungguhnya, dengan WordPress.org tentunya kita mendapatkan hak akses yang tidak didapatkan di WordPress.com versi gratis. Hosting yang lebih murah, dan tentunya kita dapat melakukan custom blog kita sesuai dengan keinginan dengan bantuan plugins.

Kekurangan

  • WordPress.com versi gratis, bahkan yang berbayar juga memiliki akses terbatas untuk kita yang ingin meng-explore lebih jauh tentang platform yang kita gunakan. Hal tersebut dikarenakan pihak WordPress.com membatasi akses para penggunanya. Bahkan untuk kita yang menggunakan premium.
    Harga yang ditawarkan pun cenderung lebih mahal untuk accessibility yang didapat.
  • WordPress.org cenderung sedikit lebih susah dipelajari oleh sebagian pemula, dikarenakan kita harus melakukan setup hosting dan domain untuk dapat menjalankan blog kita secara online.
    Akan tetapi disamping itu, dengan WordPress.org kita akan memiliki hak akses untuk dapat melakukan custom blog kita sesuai dengan keinginan, baik secara manual maupun menggunakan bantuan plugin.

Demikianlah penjelasan perbedaan antara WordPress.com dan WordPress.org.
Baik WordPress.com dan WordPress.org, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing untuk penggunanya.


Baca juga:
Apa itu Open Source?
Apa itu Hosting? Pengertian Hosting dan Jenisnya

Leave a Comment