noTnoob Team
noTnoob Team Part of noTnoob Team, we delivered the best insight and knowledge for you to read and spread.

Situs Terbaik Untuk Programmer dan Developer


Situs Terbaik Untuk Programmer dan Developer

Apa situs terbaik untuk seorang programmer? Menjadi programmer, kadang kita dituntut untuk selalu mengetahui setiap perkembangan di dunia teknologi.

Terkadang, kita bingung untuk mencari inovasi inovasi yang bisa kita terapkan kedalam project yang sedang kita kerjakan bukan?

Oleh karenanya, pada kesempatan kali ini kita akan membahas opini tentang situs-situs maupun aplikasi yang sangat tepat untuk kita jadikan sebagai referensi dan mengembangkan project yang sedang kita kerjakan.

Situs wajib untuk seorang programmer

GitHub / GitLab / BitBucket

Ketiga situs di atas adalah sebuah situs untuk berkolaborasi, menciptakan, membangun dan masih banyak lainnya. Terutama untuk open source project.

Dimana kita dapat berkontribusi ke dalam sebuah project open source maupun closed source dengan para developer di seluruh dunia.

GitHub sendiri terbilang lebih popular di antara ketiga situs open source tersebut.

Jika kita pengguna pemula di salah satu situs tersebut, maka penulis sarankan untuk melihat pada laman popular / recent activity.

Karena di sana lah ada banyak project yang sedang ramai dibicarakan maupun dikerjakan.

Di Indonesia sendiri, banyak perusahaan yang menggunakan di antara ketiga situs tersebut untuk berkolaborasi dengan team mereka dari tempat lain.

StackOverflow / StackExchange

StackOverflow sendiri merupakan forum tanya jawab tentang pemrograman yang terbesar saat ini.

Banyak pertanyaan-pertanyaan yang dapat kita temukan di sana sesuai dengan permasalahan yang sedang kita hadapi saat ini.

Penulis berani bertaruh, jika kita menemukan error, cobalah pastekan error tersebut pada kolom google. Maka yang pertama muncul 80% adalah StackOverflow dari ketiganya. Dengan catatan kita menggunakan bahasa inggris.

Oleh karena itu, jika kita masih pemula dan baru mempelajari hal-hal yang baru tentang programming and stuff. Don’t ask for the answer before you go to StackOverflow!.

Yap!. Seperti yang penulis bilang di atas. Error yang kita hadapi sekarang hampir dipastikan sudah pernah ditanyakan di StackOverflow maupun ketiga situs di atas.

Biasakan lah untuk mencari tahu terlebih dahulu sebelum menanyakannya di group ataupun forum-forum lainnya.

Open Source

Seperti namanya, open source sendiri adalah sebuah situs khusus untuk open source itu sendiri. Mulai dari berita, kegiatan, project, issue, dan masih banyak lagi.

Beberapa yang menarik dari situs ini adalah kita akan menemukan banyak artikel / blog yang menarik untuk disimak. Tentunya yang berkaitan dengan Open Source project.

Aplikasi terbaik untuk programmer

Slack / Discord / Gitter / Spectrum

Aplikasi yang penulis sebut di atas adalah sebuah platform yang biasa digunakan oleh para Developer dan Programmer untuk berkomunikasi satu dengan lainnya.

Di beberapa aplikasi di atas kita harus memilih server / room untuk dapat berkomunikasi maupun saling berinteraksi dengan developer lainnya.

Banyak dari developer yang menggunakan salah satu di atas untuk mencari relasi dari luar maupun dalam negeri selain melalui GitHub tentunya.

Telegram

Sejauh yang penulis tau. Telegram salah satu aplikasi berbasis cloud messaging yang sangat simple, sederhana dan open source.

Dengan telegram kita dapat membuat sebuah group dengan puluhan ribu anggota. Jika dengan WhatsApp kita akan mendapatkan limit member. Maka lain halnya dengan Telegram. Kita dapat membuat group dengan banyak member. Kelebihan lainnya dari telegram adalah Open Source.

Kita diijinkan untuk memodifikasi dan memasukkan seperti bot dsb ke dalam telegram untuk mengelola group, mengirim email, push repo GitHub, pembayaran online dsb.

Banyak hal yang dapat kita lakukan di dalamnya karena open source app tersebut.

Conclusion


Dapatkan Diskon 20% Untuk Setiap Pembelian VPS di DomainNesia SELAMASANYA!!!
  • Gunakan Kode Kupon noTnoobVPS

Kesimpulannya adalah: Do what ever you want to do. Jangan berpatokan pada situs maupun aplikasi diatas untuk mengembangkan skill yang kita miliki.

Tulisan berikut hanya berdasarkan opini dari penulis dan tidak ada kaitannya dengan fakta. (walaupun sebagaian memang fakta).

Ada banyak situs lokal yang dapat kita kunjungi untuk mengasah skill maupun mencari inspirasi seperti situs ini tentunya.
Well, that’s it guys. Thank’s for reading.
Jika ada pertanyaan maupun tambahan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan opini kalian di kolom komentar di bawah ini.

Cheers, and keep coding ladies!

comments powered by Disqus