Mau backlink gratis? Submit URL Kamu di sini!

Ingin Website Kamu Cepat Muncul di Google? Pakai Plugin SEO Ini

Plugin SEO WordPress terbaik yang memudahkan kamu melakukan optimasi blog di mesin pencarian.

WordPress adalah sebuah konten manajemen sistem (CMS) yang mudah dioptimasi dari sisi SEO, dengan berbagai bantuan plugin yang cukup lengkap.

Contoh sederhanya adalah pada bagian penulisan URL. WordPress memberikan update di mana memudahkan pengguna dalam menulis URL post mereka. Baik dengan menggunakan tanggal, tahun, kategori, dsb, segingga mesin pencari pun akan dengan mudah mengidentifikasikan URL yang telah kita publish dan terlihat lebih professional.

Selain itu, WordPress dapat membantu penggunanya untuk menghindari kesalahan umum yang sering terjadi yaitu duplikasi konten.

WordPress menjadi salah satu CMS yang paling banyak digunakan hingga saat ini meskipun telah muncul banyak CMS yang juga terbilang cukup canggih. Akan tetapi, patut kita akui bahwa WordPress masih lebih mudah digunakan untuk mereka yang baru saja memulai dunia blogging/content writer karena kemudahan yang ditawarkan kepada pengguna.

Namun, terlepas dari itu semua, selalu ada cara berbeda untuk meningkatkan SEO situs yang dibuat menggunakan WordPress. Tentunya hanya menerapkan perubahan kecil atau “tweak”, agar blog kita dapet terindeks lebih cepat oleh mesin pencari dengan bantuan plugin SEO.

Baca juga:
Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org
CMS Open Source Terbaik
Perbedaan CMS dan Framework

Yoast

Yoast SEO – Plugin WordPress terbaik untuk pemula

Yoast mungkin adalah plugin SEO paling populer dan paling stabil untuk WordPress, tersedia dalam versi gratis dan versi berbayar.

Salah satu fitur Yoast yang paling berguna adalah kemampuan untuk menyesuaikan judul halaman, heading, dan meta-description. Yoast dengan cepat dapat mengambil menyesuaikan kata kunci dari judul artikel yang kita tulis untuk kemudian mereka tampilkan sebagai keyword dan meta-description.

Meta deskripsi menjadi sangat penting dalam hal SEO. Karena pengunjung akan dapat menbaca secara sekilas tentang isi dari blog kita ketika muncul di mesin pencarian seperti Google, Yahoo, Yandex, Bing, dsb.

Keuntungan lainnya adalah kemampuan untuk menerapkan scheme/skema blog sehingga mesin pencari dapat memproses (mengindeks) situs kita dengan lebih baik.

Sedangkan versi premium dari Yoast, kita akan mendapatkan beberapa fitur tambahan yang sangat berguna seperti: saran tautan internal, dan wawasan konten berdasarkan kata kunci yang paling sering kita gunakan. Hal ini tentunya sangat membantu, karena kita akan fokus kepada satu topik tertentu hingga dapat menyediakan related content yang baik tanpa harus bingung-bingung mencari topik lainnya.

Terdapat juga fitur untuk mengarahkan ulang (redirect) URL lama ke URL baru dalam sebuah post/page, guna menghindari 404 error atau “halaman yang Anda cari tidak dapat ditemukan”.

Secara keseluruhan, Yoast menawarkan segudang fitur untuk menunjang SEO yang mudah digunakan oleh pengguna, baik dalam versi gratis maupun berbayar.

All in One SEO Pack

All In One SEO – Plugin WordPress terbaik untuk pemula

All in One SEO adalah plugin SEO asli untuk WordPress, tersedia dalam versi gratis dan berbayar.

Versi gratisnya berisi berbagai fitur SEO penting, seperti kemampuan untuk menyesuaikan judul halaman dan heading agar berbeda, menyediakan deskripsi meta untuk mesin pencari. Selain itu, plugin tersebut juga memungkinkan pengguna untuk mengedit URL sesuai dengan kebutuhan, juga dilengkapi untuk membuat redirect 404 seperti halnya Yoast di atas.

Jika kita seorang pemula, Paket SEO All in One hadir dengan berbagai pengaturan pra-konfigurasi yang baik sehingga kita tidak perlu khawatir tentang cara konfigurasinya. Sitemap akan dibuat secara otomatis, dan tersedia opsi gambar dan peta situs RSS tambahan.

Jika kita telah berpengalaman, kita memiliki opsi untuk menyesuaikan sesuai kebutuhan (advance setting), Plugin All in One SEO juga dilengkapi dengan API-nya sendiri. Yang tentunya juga dapat dioptimasi secara mudah dengan Woocommerce.

Versi premium memberikan sedikit tambahan fitur seperti modul SEO Bisnis Lokal dari Google, sitemap khusus berita, dan opsi SEO lanjutan untuk Woocommerce. Ada juga opsi analytics dan penandaan tambahan untuk taksonomi khusus.

Secara keseluruhan, Plugin All in One SEO adalah favorit banyak orang, mencakup konfigurasi penting tanpa mempersulit penggunanya.

Rank Math

Rank Math – Plugin WordPress terbaik untuk pemula

Plugin SEO selanjutnya adalah Rank Math, meskipun memiliki fitur yang melimpah, beberapa di antaranya tidak begitu berguna. Plugin Rank Math tersedia secara gratis untuk semua fitur yang ada. Meskipun sang developer telah berencana untuk memberikan fitur premium, namum sepertinya tidak akan terealisasi dalam waktu dekat.

Rank Math terbilang cukup mudah untuk kita yang masih pengguna baru, meskipun menawarkan opsi konfigurasi lanjutan, akan tetapi hal tersebut terbilang cukup mudah. Seperti halnya Yoast, kita dapat mengatur judul halaman dan judul artikel yang berbeda, serta mengatur meta deskripsi. Terdapat juga serangkaian opsi untuk mengontrol skema situs kita, serta menyediakan integrasi dengan Google Search Console dan dsb.

Fitur yang disediakan plugin Rank Math-pun cukup lengkap, banyak konfigurasi yang sangat berguna untuk yang benar-benar ingin mempelajari strategi SEO secara mendalam. Akan tetapi, juga terdapat beberapa fitur yang tidak terlalu dibutuhkan oleh pengguna, seperti URL MySpace dan verifikasi Alexa.

Hal yang perlu dikhawatirkan adalah seberapa agresif Rank Math akan dikembangkan dan disediakan secara gratis, serta memberikan fitur import konfigurasi jika kita ingin beralih dari Yoast. Serta seberapa jauh project tersebut akan bertahan karena tentunya untuk pengembahan sebuah plugin membutuhkan support yang tidak sedikit.

SEOPress

SEOPress – Plugin WordPress terbaik untuk pemula

SEOPress adalah plugin SEO populer lainnya untuk WordPress, dan seperti kebanyakan plugin lainnya, plugin ini hadir dalam versi gratis penuh fitur dan versi pro berbayar untuk pengguna yang lebih mahir.

Muncul dengan pengaturan default sehingga pemula dapat memulai tanpa komplikasi, tetapi pengaturan dapat disesuaikan untuk mereka yang ingin mengatasinya. Seperti yang diharapkan, SEOPress mencakup dasar-dasar penting, seperti dapat mengontrol judul halaman, heading, dan URL untuk setiap halaman individual, serta membuat deskripsi meta yang unik. Ada juga peta situs yang dibuat secara otomatis untuk konten dan gambar, serta untuk navigasi HTML.

Namun, SEOPress menempatkan sedikit lebih fokus pada aspek media sosial daripada plugin SEO lainnya untuk WordPress. Selain menghubungkan akun Anda, itu juga menggunakan Grafik Terbuka Facebook dan Kartu Twitter untuk membantu meningkatkan berbagi. Ada juga sejumlah trik penulisan ulang dan pengalihan URL yang rapi yang tersedia dalam versi gratis.

Untuk pengguna pro berbayar, manfaatnya mencakup skema yang jauh lebih detail untuk data terstruktur yang dapat digunakan secara manual atau otomatis menggunakan kondisi lanjutan. Ada juga berbagai opsi remah roti, pengalihan lanjutan, serta integrasi dengan Google Analytics.

SEOPress adalah plugin WordPress yang mumpuni yang menawarkan lebih banyak pilihan bagi pengguna. Ia bahkan menawarkan kemampuan untuk mengimpor data dari semua plugin SEO WordPress utama lainnya, sehingga memudahkan pengguna untuk bertukar jika mereka mau.

Baca juga:
Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org
CMS Open Source Terbaik
Perbedaan CMS dan Framework

WP Meta SEO

WP Meta SEO – Plugin WordPress terbaik untuk pemula

WP Meta SEO menampilkan dirinya sebagai manajer SEO untuk WordPress, yang juga tersedia sebagai versi gratis dan berbayar, dengan tujuan khusus untuk dapat mengelola informasi SEO secara massal di seluruh situs web Anda. Ini terutama dilakukan melalui versi gratis dengan menggunakan manajer informasi meta, yang memungkinkan Anda mengontrol judul meta dan deskripsi meta.

Plugin ini juga menyertakan fasilitas peta situs, serta pengoptimalan gambar seperti mengubah ukurannya secara massal ditambah kemampuan untuk mengedit meta data semua gambar untuk SEO yang lebih baik. Ada juga generator remah roti untuk mengontrol cuplikan kaya dan tampilan tautan. Anda juga dapat menjalankan pemeriksa tautan yang rusak di situs Anda dan menerapkan pengalihan yang sesuai.

Versi pro menambahkan alat manajemen massal lebih lanjut, seperti pemeriksa meta duplikat, indeks otomatis kesalahan 404, pemeriksa tautan peta situs, serta laporan email khusus. Ada juga fitur untuk menambahkan Google Bisnis Lokal ke situs web Anda, serta opsi pengoptimalan SEO untuk Woocommerce.

Sementara banyak plugin SEO untuk WordPress yang tercantum di atas mencakup setiap hari, WP Meta SEO melakukan pekerjaan yang baik dengan menempatkan fokus pada manajemen massal, yang dapat sangat berguna bagi mereka yang memiliki situs web WordPress yang sudah ada dan besar yang ingin dapat untuk menerapkan solusi SEO yang cepat dan mudah di seluruh situs.


Demikianlah beberapa plugin yang patut dicoba untuk pengguna baru yang ingin agar website/blog mereka terindeks oleh mesin pencari.

Tentunya jika kita hanya mengandalkan plugin agar blog kita ramai akan visitor tidaklah tepat. Konten yang bagus juga menjadi faktor utama agar blog kita dijadikan rekomendasi oleh google.

Dan yang perlu kita ingat adalah, perlu digarisbawahi jika kita menulis agar dibaca oleh manusia, bukan oleh mesin pencari seperti google dsb.

Leave a Comment